Simak! Berikut Cara Sambung Rekening Bank Dan E-Wallet Dengan Akun Kartu Prakerja Agar Insentif Tak Macet

- 4 Agustus 2023, 20:48 WIB
Berikut cara sambung rekening bank atau e-wallet dengan akun Kartu Prakerja agar pencairan insentif pelatihan dan survei tidak macet.
Berikut cara sambung rekening bank atau e-wallet dengan akun Kartu Prakerja agar pencairan insentif pelatihan dan survei tidak macet. /

 
Berita KBB - Setelah dibuka selama 3 hari, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 58 ditutup per 31 Juli 2023. Pendaftar yang lolos seleksi sudah diumumkan pada Rabu 2 Agustus 2023 dan akan mendapatkan saldo membeli pelatihan sebesar Rp3,5 juta.
 
Menurut Instagram @prakerja.go.id, penerima Kartu Prakerja diberikan waktu 15 hari untuk membeli kursus pelatihan pertamanya. Lewat batas waktu tersebut, maka saldo akan hangus dan dikembalikan lagi ke kas negara.
 
Tidak hanya itu, kepesertaan Kartu Prakerja juga akan dinonaktifkan dan dicabut. Peserta yang bersangkutan tidak lagi mendaftar dan mengikuti seleksi gelombang berikutnya. 
 
 
Setelah membeli dan menyelesaikan pelatihan, pemegang Kartu Prakerja akan mendapat insentif sebesar Rp600.000 ditambah insentif dari pengisian survei sebesar Rp100.000.
 
Insentif yang diperoleh nantinya dapat digunakan pemegang Kartu Prakerja untuk biaya melamar kerja atau modal usaha. Untuk dapat menerima insentif tersebut, pemegang Kartu Prakerja gelombang 58 harus terlebih dulu menyambungkan rekening bank atau e-wallet dengan akun Kartu Prakerja.
 
Berikut ini cara menyambungkan rekening bank atau e-wallet ke akun Kartu Prakerja yang baik dan benar agar insentif bisa didapatkan tanpa macet.
 
 
Cara Sambung Rekening Bank atau E-Wallet ke Akun Kartu Prakerja
 
Dikutip dari laman resmi prakerja.go.id, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyambungkan rekening bank atau e-wallet ke akun Kartu Prakerja.
 
Pastikan terlebih dulu rekening bank atau e-wallet Anda masih aktif, dalam mata uang Rupiah, dan atas nama sendiri sesuai KTP atau sesuai terdaftar di Kartu Prakerja. NIK yang digunakan pun harus sama dengan yang terdaftar di Kartu Prakerja.
 
Adapun bila menggunakan e-wallet, pastikan Anda memiliki akun OVO, LinkAja, GoPay dan Dana yang menjadi mitra Kartu Prakerja. E-wallet selain dari itu, tidak bisa digunakan untuk menerima insentif.
 
Selain itu, pastikan nomor HP yang didaftarkan di Kartu Prakerja sama dengan yang didaftarkan pada akun e-wallet. Akun e-wallet juga sudah di-upgrade dengan melakukan verifikasi KTP dan swafoto.
 
Jika semua hal tersebut sudah terpenuhi, langkah menyambungkan rekening bank atau e-wallet ke akun Kartu Prakerja adalah sebagai berikut:
 
1. Usai menonton video Kartu Prakerja, akan muncul tombol untuk menyambung rekening atau e-wallet dengan akun. Klik “Sambungkan Sekarang”
 
2. Untuk menyambungkan dengan rekening bank, pilih bank yang diinginkan lalu klik “Sambungkan”.
 
3. Isilah data nomor rekening dan nama dengan benar. Setelah itu, klik “Sambungkan”.
 
4. Klik “Ya, Sambungkan”. Rekening bank pun sudah tersambung ke akun Prakerja.
 
Adapun untuk menyambung dengan e-wallet, langkahnya adalah sebagai berikut:
 
1. Pilih e-wallet yang diinginkan lalu klik “Sambungkan”. Pastikan nomor HP yang terregistrasi di akun Kartu Prakerja sama dengan nomor HP e-wallet yang sudah di-upgrade atau KYC.
 
2. Masukkan nomor HP, pastikan diisi dengan benar. Lalu klik “Sambungkan”.
 
3. Klik “Ya, Sambungkan”. Pastikan nomor HP yang dimasukkan aktif.
 
4. Masukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS ke nomor HP. Jangan sampai salah mengisinya sebanyak 3 kali karena jika salah, maka Anda harus menunggu 1 jam untuk bisa mengirim ulang OTP.
 
5. Masukkan kode keamanan akun e-wallet tersebut untuk disambungkan.
 
6. Akun e-wallet telah tersambung dengan akun Kartu Prakerja.
 
 
Demikian langkah cara menyambungkan rekening bank atau e-wallet ke akun Kartu Prakerja untuk Anda yang lolos seleksi gelombang 58.***
 

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x