Limit Pinjaman Hingga Rp500 Juta, Beginilah Cara Ajukan Pinjaman KUR BCA 2023

- 5 Agustus 2023, 13:16 WIB
Logo BCA. Limit Pinjaman Hingga Rp500 Juta, Beginilah Cara Ajukan Pinjaman KUR BCA 2023
Logo BCA. Limit Pinjaman Hingga Rp500 Juta, Beginilah Cara Ajukan Pinjaman KUR BCA 2023 /Antara/
 
 
 
BERITA KBB - Bank BCA memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditujukan untuk pengusaha makro dan mikro.
 
Pinjaman KUR BCA dapat diakses oleh nasabah yang membutuhkan modal. Selain untuk modal kerja, pinjaman KUR BCA juga dapat digunakan untuk investasi, pengembangan usaha, berbagai pengeluaran dan kewajiban usaha dan lain sebagainya.
 
Setiap KUR BCA memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Menurut data resmi BCA, pinjaman KUR BCA menawarkan suku bunga kompetitif sebesar 6 persen per tahun untuk jangka waktu tetap. Tidak ada biaya layanan dan administrasi untuk pinjaman ini.
 
 
Tahun ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berjanji memberikan KUR 1 triliun rupiah untuk membantu pemulihan ekonomi nasional. Bagaimana cara mengajukan KUR BCA di tahun 2023? Yuk kita simak.
 
Sebelum mengajukan pinjaman KUR BCA, kita perlu memahami jenis dan batasan pinjaman yang tersedia. 
 
Ini akan membantu anda memilih batas kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut jenis dan batasan pinjaman KUR BCA 2023:  
 
• KUR Super Mikro: Batas pinjaman hingga Rp 10 juta. 
 
• KUR Mikro: Batas pinjaman lebih dari Rp 10 juta hingga Rp 100 juta. 
 
• KUR Kecil: Batas pinjaman lebih dari Rp 100 juta hingga Rp 500 juta. 
 
• KUR Khusus: Batas pinjaman hingga Rp 500 juta.
 
Selain tidak ada biaya provisi dan administrasi, pinjaman KUR Super Mikro dan KUR Mikro juga tidak dikenakan biaya lain seperti biaya notaris, penilaian agunan, dan lainnya.
 
Namun, untuk pinjaman KUR Kecil dan KUR Khusus, biaya penilaian agunan dan biaya notaris akan ditentukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
 
Jika pembayaran dilakukan terlambat sesuai dengan ketentuan yang disepakati sebelumnya, peminjam akan dikenakan biaya denda.
 
Berikut adalah persyaratan pinjaman KUR BCA yang perlu kalian ketahui:
 
• Jika kalian seorang wiraswasta atau pengusaha, usia minimal yang diperlukan adalah 21 tahun dan maksimal 65 tahun pada saat pinjaman lunas. 
 
• Jika kalian seorang karyawan tetap, kalian perlu bekerja minimal selama 1 tahun di perusahaan saat ini. 
 
• Pinjaman KUR BCA ditujukan untuk modal kerja atau pengembangan usaha. Usaha kalian harus telah berdiri selama minimal 6 bulan. 
 
• Kita perlu menyiapkan dokumen pribadi seperti e-KTP, Kartu Keluarga (KK), dan NPWP. Jika kalian mengajukan pinjaman di atas Rp 50 juta, kalian perlu melampirkan salinan NPWP pemohon. 
 
• Selain itu, kita juga dapat melampirkan dokumen opsional usaha seperti Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk pengajuan perseorangan, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Nomor Induk Badan (NIB) untuk pengajuan badan usaha. 
 
• Pinjaman KUR BCA memerlukan jaminan atau agunan seperti tanah kosong atau bangunan, kios, dan kendaraan bermotor. 
 
• Kalian juga dapat menggunakan persediaan barang dan mesin sebagai agunan tambahan.
 
Dengan memenuhi persyaratan ini, kalian dapat mengajukan pinjaman KUR BCA.
 
Cara mengajukan KUR BCA 2023
 
Untuk mengajukan pinjaman KUR BCA, Anda bisa datang ke kantor cabang terdekat dengan membawa dokumen yang diperlukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:
 
• Kunjungi kantor cabang BCA terdekat. Ambil nomor antrean dan tunggu hingga dipanggil oleh petugas bank. 
 
• Sampaikan kepada petugas bahwa kita ingin mengajukan pinjaman KUR BCA. Petugas akan meminta kalian mengisi formulir pengajuan pinjaman KUR BCA. 
 
• Ajukan jumlah angsuran sesuai dengan ketentuan yang telah dijelaskan sebelumnya. Tim petugas pinjaman KUR BCA akan melakukan survey atau peninjauan lokasi usaha dan mengevaluasi kelayakannya. 
 
• Tunggu informasi lebih lanjut mengenai status pengajuan. Jika pengajuan KUR BCA disetujui oleh pihak bank, kalian akan menerima pencairan dan uang akan ditransfer ke rekening kalian.
 
 
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kalian dapat mengajukan pinjaman KUR BCA dengan mudah.
 
Cara mengajukan KUR BCA online
 
Selain melalui kantor cabang, kalian juga dapat mengajukan KUR BCA secara online melalui laman resmi webform BCA dengan mengisi formulir.
 
Proses pengisian formulir ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Sebelum mengisi formulir, pastikan kalian melakukan verifikasi nomor handphone kalian terlebih dahulu untuk beberapa alasan berikut:
 
Menerima kode verifikasi yang akan dikirimkan kepada kalian untuk melanjutkan pengisian formulir. 
 
Melanjutkan pengisian data pengajuan yang sudah tersimpan dalam draft. Mempermudah menerima informasi terkait tahapan selanjutnya.
 
Untuk mengajukan KUR BCA melalui Eform di laman resmi webform BCA, berikut adalah syarat-syaratnya:
 
Permohonan: Jumlah pinjaman antara Rp 100 juta hingga Rp 500 juta.
 
Peruntukan: Untuk modal kerja atau rencana pengembangan usaha. 
 
Lama usaha: Minimal telah berdiri selama 6 bulan. Kalian perlu menyiapkan dokumen-dokumen seperti KTP-el, Kartu Keluarga (KK), NPWP, dan Dokumen 
 
Opsional: Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk pengajuan perseorangan atau Tanda Daftar Perusahaan (TDP)/Nomor Induk Badan (NIB) untuk pengajuan badan usaha.
 
Nah itulah informasi mengenai syarat dan cara pengajuan KUR BCA 2023. Mengenai mengajukan pinjaman KUR BCA, pastikan kalian telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh bank. Semoga informasi ini membantu ya.***

 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x