Polusi Udara di Jakarta Hari Ini : Tidak Sehat dan Berbahaya

- 27 Agustus 2023, 14:53 WIB
Ilustrasi polusi Jakarta, Greenpeace menyebut Anies Baswedan tak melindungi hak warga akan udara bersih secara maksimal.
Ilustrasi polusi Jakarta, Greenpeace menyebut Anies Baswedan tak melindungi hak warga akan udara bersih secara maksimal. /Pixabay/S. Hermann & F. Richter

 

 

BERITA KBB - Jakarta, ibu kota Indonesia, kembali menjadi salah satu kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Menurut situs IQAir, indeks kualitas udara (AQI) Jakarta pada hari ini, Minggu 27 Agustus 2023, mencapai angka 168 AQI US, yang termasuk dalam kategori tidak sehat. Hal ini berarti bahwa kualitas udara di Jakarta dapat berdampak buruk bagi kesehatan, terutama bagi kelompok sensitif seperti anak-anak, lansia, dan orang dengan penyakit pernapasan.

 

Konsentrasi polutan utama yang menyebabkan polusi udara di Jakarta adalah partikulat halus PM2.5, yang memiliki diameter kurang dari 2.5 mikrometer dan dapat masuk ke dalam aliran darah dan paru-paru. Menurut situs AQI.in, konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini adalah 91 µg/m³, yang 6.1 kali lebih tinggi dari nilai panduan kualitas udara tahunan WHO yang sebesar 15 µg/m³. Konsentrasi PM2.5 ini juga lebih tinggi dari kemarin, yang mencapai 29 µg/m³.

 

Polusi udara di Jakarta tidak hanya berdampak pada kesehatan penduduknya, tetapi juga pada perekonomian dan lingkungan. Menurut IQAir, polusi udara diperkirakan telah menyebabkan 9,500 kematian dan merugikan sekitar $2,500,000,000 USD di Jakarta pada tahun 2023. Polusi udara juga menyebabkan penurunan visibilitas, gangguan transportasi, dan kerusakan ekosistem.

 Baca Juga: Rekap Hasil Liga Inggris : MU Menang Dramatis, Arsenal Imbang di Kandang, dan West Ham Duduki Puncak Klasemen

Apa penyebab polusi udara di Jakarta? Menurut berbagai sumber, beberapa faktor yang berkontribusi terhadap polusi udara di Jakarta antara lain adalah:

-          Aktivitas transportasi yang padat dan menggunakan bahan bakar fosil

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x