Harapan Ganjar Jika Jadi Presiden, Gaji Guru Bertambah Hingga Rp20 Juta!

- 13 September 2023, 06:51 WIB
Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024. Harapan Ganjar Jika Jadi Presiden, Gaji Guru Bertambah Hingga Rp20 Juta!
Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024. Harapan Ganjar Jika Jadi Presiden, Gaji Guru Bertambah Hingga Rp20 Juta! /Istimewa/
 
 
BERITA KBB – Kemarin, publik dihebohkan dengan pernyataan PKB yang menjanjikan BBM gratis jika Cak Imin dan PKB menang.
 
Kali ini, Bacapres 2024 dari PDIP, Ganjar Pranowo mengatakan jika ia menjadi Presiden 2024, ia memiliki angan-angan untuk memberikan gaji layak bagi para guru.
 
"Saya membayangkan kalau guru kita masuk pertama masih baru, gajinya Rp10 juta. Dugaan saya pak, orang pintar mau jadi guru. Kalau kemudian sekian tahun bisa Rp 20 juta, bisa (naik lagi) Rp 30 juta," ujar Ganjar Pranowo Bakal Calon Presiden 2024.
 
 
Menurut Ganjar, gaji layak bagi guru yang baru mengajar di tahun pertama adalah Rp10 juta, sedangkan bagi guru yang telah mengajar bertahun-tahun adalah. Rp20 juta - Rp30 juta.
 
Ganjar mengatakan perhitungan tersebut dihitung langsung oleh ahli pendidikan dan keuangan, dan telah memperhitungkan kemampuan keuangan pemerintah.
 
Berdasarkan data BPS untuk tahun ajaran 2022/2023, Indonesia saat ini memiliki 3,37 juta guru.
 
 
Jika rata-rata gaji guru dinaikkan menjadi Rp20 juta, maka anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp67,4 triliun per bulan atau Rp808 triliun per tahun. Sementara itu, anggaran pendidikan di APBN 2023 'hanya' sebesar Rp612,2 triliun.
 
Ganjar mengatakan hal ini ia lakukan karena melihat banyak guru yang nggak sejahtera, padahal telah mengajar selama bertahun-tahun.
 
Maka dari itu, ia ingin meningkatkan kesejahteraan para guru dengan memberikan gaji layak. Seperti yang pernah ia terapkan saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, di mana dia mengupayakan gaji guru setara dengan upah minimum yang berlaku.***
 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Instagram @bigalphaid


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x