Apa Itu Alat Pelindung Diri, Jenisnya, dan Fungsinya?

- 13 September 2023, 14:25 WIB
Petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri (APD) mendisinfeksi lantai saat jemaah salat di dalam Masjid Namira di Arafat di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19), di luar kota suci Mekah, Arab Saudi, 30 Juli 2020.
Petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri (APD) mendisinfeksi lantai saat jemaah salat di dalam Masjid Namira di Arafat di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19), di luar kota suci Mekah, Arab Saudi, 30 Juli 2020. /REUTERS/SAUDI MINISTRY OF MEDIA/

 

BERITA KBB - Alat pelindung diri (APD) adalah perlengkapan yang digunakan untuk melindungi diri dari bahaya yang terkait dengan pekerjaan, lingkungan, atau situasi tertentu. APD sangat penting untuk mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan, cedera, atau penyakit yang dapat mengganggu kesehatan dan keselamatan. APD juga dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja.

Jenis-Jenis Alat Pelindung Diri

Setiap jenis APD memiliki fungsi yang berbeda dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pekerja. Berikut ini adalah beberapa jenis APD yang umum digunakan:

 Baca Juga: Reaksi Jokowi dan Erick Thohir Timnas U23 Indonesia Lolos ke Piala Asia 2024

Alat pelindung kepala.

Alat ini berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan, pukulan, atau cedera kepala akibat benda keras. Alat ini juga bisa melindungi kepala dari radiasi panas, api, percikan bahan kimia, atau suhu yang ekstrem. Jenis alat pelindung kepala terdiri dari helm pengaman, topi atau tudung kepala, dan pelindung rambut.

 

Alat pelindung mata dan wajah

Alat ini berfungsi untuk melindungi mata dan wajah dari paparan bahan kimia berbahaya, gas dan partikel yang melayang di udara atau air, percikan benda kecil, serta uap panas. Alat pelindung diri yang menutup wajah dan mata juga penting digunakan untuk mengurangi risiko munculnya gangguan kesehatan atau cedera akibat paparan radiasi, pancaran cahaya, serta benturan atau pukulan benda keras dan tajam. Alat pelindung mata yang umumnya digunakan adalah kacamata khusus. Sedangkan, alat pelindung wajah dapat berbentuk face shield atau full face masker, yaitu masker yang menutupi seluruh bagian wajah.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x