Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023: Tema, Sejarah, dan Pedoman Upacara Peringatan Bagi Masyarakat

- 30 September 2023, 16:22 WIB
Berikut tema, sejarah, dan pedoman upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 bagi masyarakat.
Berikut tema, sejarah, dan pedoman upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 bagi masyarakat. /tangkap layar

 

Berita KBB - Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2023 yang jatuh pada Minggu. Berikut ini tema, sejarah, dan apa yang bisa dilakukan segenap masyarakat dalam rangka peringatan momentum nasional ini.

 

Dikutip dari naskah Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 di laman Kemdikbud, peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 ini mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.”

 

Menurut laman DPMPTSP Kota Malang yang mengutip dari Dokumen Terpilih Sekitar G30S PKI (1997), sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober bermula ketika Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan agar momentum tersebut diperingati oleh jajaran Angkatan Bersenjata.

Baca Juga: Daftar Rating Acara TV 29 September 2023: Magic 5 Indosiar Merosot Lagi, Kekompakan Fans Bakal Diuji Sabtu Ini

Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan saat itu, Soeharto, mengeluarkan Surat Keputusan pada 29 September 1966, yang mana menetapkan Hari Kesaktian Pancasila diperingati seluruh jajaran Angkatan Bersenjata bersama dengan rakyat.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x