Mengenal IAEA, Organisasi yang Akan Mengunjungi PLTN Fukushima Jepang

- 7 Oktober 2023, 12:19 WIB
Mengenal IAEA, Organisasi yang Akan Mengunjungi PLTN Fukushima Jepang
Mengenal IAEA, Organisasi yang Akan Mengunjungi PLTN Fukushima Jepang /REUTERS/Leonhard Foeger

 

 

BERITA KBB - Pada bulan Oktober 2023, sebuah tim dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA) akan mengunjungi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi di Jepang, yang mengalami kecelakaan nuklir parah akibat gempa bumi dan tsunami pada tahun 2011. Kunjungan ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembuangan air limbah radioaktif yang telah diolah dari PLTN tersebut ke laut, yang direncanakan dimulai pada tahun 2023.

Apa itu IAEA dan apa perannya dalam isu nuklir dunia?

IAEA adalah sebuah organisasi internasional yang berdiri pada tahun 1957 sebagai lembaga khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Organisasi ini beranggotakan 173 negara dan berkantor pusat di Wina, Austria.

 Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain Ftv Bubur Toping Ketidakpastian Sabtu 7 Oktober 2023 Pukul 08.00 WIB

Visi IAEA adalah “Atoms for Peace and Development”, yaitu mempromosikan penggunaan teknologi nuklir untuk tujuan damai dan pembangunan, sekaligus mencegah penyebaran senjata nuklir dan memastikan keselamatan dan keamanan fasilitas dan bahan nuklir.

 

Untuk mewujudkan visi tersebut, IAEA memiliki tiga bidang utama kegiatan, yaitu:

  • Kerjasama teknis: IAEA memberikan bantuan teknis dan sumber daya kepada negara-negara anggota untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang kesehatan, pertanian, lingkungan, energi, industri, dan penelitian nuklir. Contohnya adalah program pengendalian malaria dengan menggunakan teknik sterilisasi lalat buah menggunakan sinar gamma.
  • Verifikasi dan keamanan: IAEA melakukan inspeksi dan pemantauan terhadap fasilitas dan bahan nuklir di seluruh dunia untuk memverifikasi kepatuhan negara-negara anggota terhadap perjanjian non-proliferasi nuklir dan kesepakatan keselamatan nuklir. Contohnya adalah perjanjian Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) antara Iran dan negara-negara P5+1 (AS, Inggris, Prancis, Rusia, China, dan Jerman) yang ditandatangani pada tahun 2015 untuk membatasi program nuklir Iran.
  • Keselamatan dan perlindungan: IAEA menetapkan standar internasional untuk keselamatan dan perlindungan radiologi, serta memberikan bimbingan dan dukungan kepada negara-negara anggota untuk menerapkan standar tersebut. Contohnya adalah misi penilaian keselamatan pasca-kecelakaan (Post-Accident Safety Assessment Mission/PASAM) yang dilakukan IAEA di PLTN Fukushima Daiichi pada tahun 2011 untuk membantu Jepang dalam mengatasi dampak kecelakaan nuklir.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x