Amerika Serikat Mengerahkan Kapal Induk USS Gerald R. Ford Untuk Membantu Israel Melawan Serangan Hamas

- 9 Oktober 2023, 15:08 WIB
Amerika Serikat Mengerahkan Kapal Induk USS Gerald R. Ford Untuk Membantu Israel Melawan Serangan Hamas
Amerika Serikat Mengerahkan Kapal Induk USS Gerald R. Ford Untuk Membantu Israel Melawan Serangan Hamas /REUTERS/Hugh Gentry

 

 

BERITA KBB - Amerika Serikat (AS) menunjukkan dukungannya kepada Israel yang sedang berkonflik dengan Hamas di Jalur Gaza dengan mengerahkan kapal induk dan pesawat tempur ke kawasan Mediterania timur. Langkah ini diambil setelah Hamas melancarkan serangan roket yang belum pernah terjadi sebelumnya ke berbagai kota Israel, menewaskan puluhan orang dan melukai ratusan lainnya.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengumumkan pada Minggu, 8 Oktober 2023 bahwa dia telah memerintahkan sejumlah kapal militer AS, termasuk kapal induk USS Gerald R. Ford, yang merupakan kapal perang terbesar di dunia, untuk bergerak lebih dekat ke Israel sebagai bentuk solidaritas dan pencegahan regional.

“Sebagai respons terhadap serangan Hamas ke Israel dan setelah diskusi rinci dengan Presiden Joe Biden, saya telah mengerahkan sejumlah langkah untuk memperkuat postur Kementerian Pertahanan (AS) di kawasan guna meningkatkan upaya pencegahan regional,” kata Austin dalam sebuah pernyataan.

 Baca Juga: Prediksi Cuaca 8-9 Oktober 2023: Jawa Barat dan Banten Berpeluang Hujan, 2 Provinsi Diterpa Angin Kencang

Selain USS Gerald R. Ford, AS juga mengirimkan kapal penjelajah berpeluru kendali kelas Ticonderoga USS Normandy dan empat kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh-Burke, yakni USS Thomas Hudner, USS Ramage, USS Carney, dan USS Roosevelt. Kapal-kapal ini membawa puluhan jet tempur yang siap dikerahkan jika diperlukan.

 

AS juga mengirimkan bantuan militer lainnya kepada Israel, seperti amunisi presisi yang dapat digunakan untuk menargetkan posisi Hamas di Gaza tanpa menimbulkan korban sipil. Selain itu, AS juga menawarkan bantuan medis dan kemanusiaan kepada Israel dan Palestina untuk mengurangi dampak dari konflik yang memanas.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x