Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2023: Mengapa Kesehatan Mental Penting bagi Semua Orang

- 10 Oktober 2023, 12:24 WIB
Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2023: Mengapa Kesehatan Mental Penting bagi Semua Orang
Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2023: Mengapa Kesehatan Mental Penting bagi Semua Orang /Miguel A Padrinan/Pexels

 

 

BERITA KBB - Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day (WMHD) adalah peringatan internasional yang jatuh pada tanggal 10 Oktober setiap tahunnya. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental, serta untuk menghapus stigma dan diskriminasi terhadap orang-orang dengan masalah kesehatan mental.

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2023 adalah “Mental Health is a Universal Human Right”, yang artinya “Kesehatan Mental adalah Hak Asasi Manusia Universal”. Tema ini dipilih untuk menekankan bahwa setiap orang berhak mendapatkan layanan kesehatan mental yang berkualitas, terjangkau, dan inklusif, tanpa harus menghadapi hambatan atau rintangan apapun.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan mental adalah kondisi di mana seseorang dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal, dapat mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari, dapat bekerja secara produktif, serta dapat berkontribusi positif bagi masyarakat di mana ia hidup. Kesehatan mental yang baik juga berarti memiliki keseimbangan antara pikiran, perasaan, dan perilaku.

 Baca Juga: Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif Akan Anggarkan Jaminan Kesehatan Untuk Sektor Pertanian

Namun, kenyataannya tidak semua orang dapat menikmati kesehatan mental yang baik. Berbagai faktor, seperti kemiskinan, konflik, bencana, kekerasan, pelecehan, diskriminasi, isolasi, atau penyakit fisik dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental pada seseorang. Gangguan kesehatan mental dapat berupa depresi, kecemasan, skizofrenia, bipolar, gangguan stres pasca trauma (PTSD), atau gangguan perilaku.

 

Data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa lebih dari 19 juta penduduk Indonesia berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk Indonesia berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi. Data ini menunjukkan bahwa masalah kesehatan mental di Indonesia cukup serius dan membutuhkan perhatian khusus.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x