Dukungan kepada Palestina di Berbagai Dunia

- 10 Oktober 2023, 07:33 WIB
Tentara Israel kepung Gaza dengan menjatuhkan bom dengan sasaran fasilitas sipil pada konflik Palestina Israel Senin 9 Oktober 2023 malam.
Tentara Israel kepung Gaza dengan menjatuhkan bom dengan sasaran fasilitas sipil pada konflik Palestina Israel Senin 9 Oktober 2023 malam. /Middle East Eye/

 

 

BERITA KBB - Palestina, Gaza, Israel. Ketiga kata ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang di dunia. Konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel telah berlangsung selama puluhan tahun, bahkan sejak sebelum kemerdekaan kedua negara tersebut. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, eskalasi kekerasan dan serangan udara telah meningkatkan ketegangan dan penderitaan rakyat Palestina, khususnya di Jalur Gaza yang terkepung. 

Menyikapi situasi ini, banyak negara dan organisasi internasional telah menyatakan dukungan dan solidaritas kepada Palestina, serta mengutuk tindakan Israel yang dianggap melanggar hak asasi manusia dan hukum internasional. Berikut adalah beberapa contoh dukungan kepada Palestina yang ramai di berbagai dunia:

Baca Juga: Didiet Maulana Takjub, Shopee Tunjukkan Bukti Batik Lokal Juga Layak Ekspor

  • Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Ketiga negara ini merupakan anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang memiliki hubungan dekat dengan Palestina. Mereka telah merilis pernyataan bersama yang menegaskan solidaritas mereka kepada rakyat Palestina dan dukungan penuh untuk pembentukan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat. Indonesia juga telah mengirimkan bantuan sebesar 500 ribu USD ke Palestina untuk pembangunan perekonomian.
  • Iran merupakan salah satu sekutu utama Palestina di Timur Tengah, khususnya kelompok militan Hamas yang menguasai Jalur Gaza. Iran telah menyediakan bantuan militer, finansial, dan politik kepada Hamas untuk melawan Israel. Ratusan rakyat Iran juga menunjukkan dukungannya kepada Palestina dengan melakukan demonstrasi di ibu kota, Teheran.
  • Turki juga merupakan negara muslim yang memiliki hubungan baik dengan Palestina. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengatakan bahwa negaranya akan terus mendukung perjuangan Palestina. Para demonstran di Istanbul juga terlihat mengibarkan bendera Palestina raksasa saat unjuk rasa merayakan serangan yang dilakukan Hamas terhadap Israel.
  • Maroko merupakan salah satu negara Arab yang baru-baru ini menormalisasi hubungan dengan Israel sebagai bagian dari kesepakatan Abraham Accords yang didorong oleh AS. Namun, hal ini tidak mengurangi dukungan Maroko kepada Palestina. Fans Maroko terlihat mengibarkan bendera Palestina raksasa saat pertandingan melawan Belgia di Piala Dunia 2022 di Qatar.

 

Selain negara-negara di atas, masih banyak lagi negara dan organisasi lain yang mendukung Palestina, seperti Pakistan, Qatar, Yordania, Arab Saudi, Mesir, Tunisia, Aljazair, Sudan, Afrika Selatan, Venezuela, Bolivia, Kuba, Uni Eropa, Liga Arab, OKI, PBB, Amnesty International, Human Rights Watch, dan lain-lain.

 Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Jodoh Gak Seprofesi I'm Not Father, Ina Marika dan Tarra Budiman, Tayang 10:00 WIB

Dukungan kepada Palestina tidak hanya bersifat politik atau diplomatik, tetapi juga sosial dan kultural. Banyak warga dunia yang turut berpartisipasi dalam kampanye online seperti #SaveSheikhJarrah, #FreePalestine, #BoycottIsrael, #BDS (Boycott Divestment Sanctions), dan lain-lain. Banyak juga selebriti, tokoh agama, aktivis, seniman, akademisi, jurnalis, dan masyarakat sipil yang menyuarakan simpati dan solidaritas mereka kepada Palestina melalui media sosial atau aksi nyata.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x