Kepala BMKG: El Nino Diprediksi Berlanjut Hingga Februari 2024, Harga Pangan Terancam Meroket

- 3 November 2023, 19:32 WIB
Berikut penjelasan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengenai gejala El Nino yang diprediksi berlanjut hingga Februari 2024 dan berdampak pada melonjaknya harga pangan.
Berikut penjelasan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengenai gejala El Nino yang diprediksi berlanjut hingga Februari 2024 dan berdampak pada melonjaknya harga pangan. /

 

Berita KBB - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebukan bahwa El Nino diprediksi akan terus bertahan hingga Februari 2024 mendatang. Hal ini diungkapnya dalam rapat bersama Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia, baru-baru ini.

 

Selain El Nino yang menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah Indonesia, Dwikorita menyebutkan, IOD positif masih bertahan sampai saat Oktober dasarian II 2023 dan diprediksi berlanjut hingga akhir 2023.

 

"BMKG dan beberapa Pusat Iklim Dunia memprediksi El-Nino terus bertahan pada level moderat hingga periode Desember 2023-Januari-Februari 2024, sementara IOD Positif akan terus bertahan hingga akhir tahun 2023," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Berita KBB, Kamis 2 November 2023.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Jalankan Pola Hidup Sehat, PRUActive Family Digelar di Bandung

Dwikorita memaparkan, sebagian besar wilayah Indonesia meliputi sebagian besar Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, sebagian besar Kalimantan, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku dan Papua mengalami curah hujan sangat rendah pada Juli hingga Oktober 2023.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x