BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di Kepulauan Riau, Kalimantan Barat Hingga Lampung 10-16 November 2023

- 9 November 2023, 19:52 WIB
Berikut daftar provinsi yang diprediksi alami potensi cuaca ekstrem hujan lebat dalam kurun Jumat-Kamis 10-16 November 2023 menurut BMKG, di antaranya Kepulauan Riau, Kalimantan Barat Hingga Lampung.
Berikut daftar provinsi yang diprediksi alami potensi cuaca ekstrem hujan lebat dalam kurun Jumat-Kamis 10-16 November 2023 menurut BMKG, di antaranya Kepulauan Riau, Kalimantan Barat Hingga Lampung. /Pixabay

 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap adanya potensi cuaca ekstrem hujan lebat dalam kurun Jumat-Kamis 10-16 November 2023 di sejumlah provinsi, di antaranya Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Lampung.

 

Menurut laporan peringatan dini cuaca ekstrem yang dikeluarkan BMKG Kamis 9 November 2023, dalam kurun sepekan ke depan hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Papua Barat, dan Papua.

 

Dalam laporan tersebut, BMKG menjelaskan potensi cuaca ekstrem ini dipengaruhi sirkulasi siklonik yang terpantau di Semenanjung Malaysia hingga Teluk Thailand, Laut Cina Selatan, dan Laut Sulu.

 

Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin memanjang dari Samudra Hindia barat Aceh hingga Selat Malaka, Teluk Thailand, Kalimantan Utara, dari Laut Andaman hingga Selat Malaka, Laut Cina Selatan, Kalimantan Timur, dan Laut Sulu.

Baca Juga: Cuaca Hari Ini dan Besok Jumat-Sabtu 10-11 November 2023: Lampung Hingga NTB Berpotensi Hujan Ringan-Sedang

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x