DBD Mengintai di Musim Pancaroba, Berikut Spot Tak Terduga yang Jadi Surga Tersembunyi Aedes Aegypti di Rumah

- 10 November 2023, 23:41 WIB
DBD ditularkan oleh nyamuk.
DBD ditularkan oleh nyamuk. /Twitter/X

 

Berita KBB - Indonesia saat ini sedang berada di musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Salah satu penyakit yang harus diwaspadai pada periode peralihan ini adalah Demam Berdarah Dengue (DBD).

 

Dikutip dari laman Pemkot Cimahi, Jumat 10 November 2023, angka kasus DBD cenderung meningkat saat musim pancaroba. Pasalnya, banyak genangan air yang terbentuk dari hujan yang turun sebentar-sebentar menjadi tempat favorit nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak.

 

Hal tersebut sebagaimana diterangkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini. Menurutnya, genangan-genangan air ini harus diperhatikan dan diwaspadai masyarakat.

Baca Juga: Cuaca Hari Ini dan Besok Sabtu-Minggu 11-12 November 2023: Jakarta Hingga Jateng Berpeluang Hujan Akhir Pekan

“Kami berharap masyarakat memberantas sarang nyamuk, apalagi dengan musim pancaroba hujannya yang tidak terus-menerus berarti meninggalkan sisa genangan air. Nah genangan air ini yang perlu kita perhatikan," ujar Dwihadi, seperti dikutip Berita KBB dari laman Pemkot Cimahi.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x