BMKG: Bibit Siklon Tropis TD 17W Melintas, Hujan Lebat Guyur Jakarta, Jogja, Papua dan Sejumlah Provinsi Lain

- 14 November 2023, 13:59 WIB
BMKG: Bibit Siklon Tropis TD 17W Melintas, Hujan Lebat Guyur Jakarta, Jogja, Papua dan Sejumlah Provinsi Lain
BMKG: Bibit Siklon Tropis TD 17W Melintas, Hujan Lebat Guyur Jakarta, Jogja, Papua dan Sejumlah Provinsi Lain /
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca hari ini dan besok, Selasa-Rabu 14-15 November 2023, di mana hujan lebat berpotensi mengguyur sebagian wilayah Indonesia dalam kurun 2 hari ke depan.


Dalam laporan peringatan dini cuaca yang dikeluarkan pada Senin 13 November 2023, BMKG menjelaskan bahwa bibit siklon Tropis TD 17W terpantau di Samudra Pasifik utara Papua dengan kecepatan angin maksimum 30 knot atau sekitar 55 km/jam dan tekanan 1006.0 hPa.


Bibit siklon tropis TD 17W ini bergerak ke arah barat-barat daya dan berpotensi tinggi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan.

 

Baca Juga: Mengintip Semangat dan Konsistensi Toko Organis Kampanyekan Gaya Hidup Minim Sampah


Sementara itu, BMKG mengungkap terdapat sirkulasi siklonik di perairan utara Aceh dan di perairan sebelah timur Kalimantan Utara. Sirkulasi ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin memanjang di Aceh, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Laut Sulawesi dan di Sulawesi Tengah.


Bibit siklon tropis TD 17W dan sirkulasi siklonik ini dapat membentuk awan hujan dan meningkatkan ketinggian gelombang laut di wilayah-wilayah tersebut.


Untuk lebih jelasnya, berikut informasi prakiraan cuaca hari ini dan besok di Indonesia, Selasa-Rabu 14-15 November 2023. Data di bawah ini bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang terjadi sesungguhnya bisa saja berbeda.


Prakiraan Cuaca Indonesia Selasa 14 November 2023

Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Papua.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x