BMKG Prediksi Hujan Deras di Sebagian Indonesia Weekend Ini, Apa Sulawesi Tenggara dan Papua Barat Terdampak?

- 18 November 2023, 09:15 WIB
BMKG Prediksi Hujan Deras di Sebagian Indonesia Weekend Ini, Apa Sulawesi Tenggara dan Papua Barat Terdampak?
BMKG Prediksi Hujan Deras di Sebagian Indonesia Weekend Ini, Apa Sulawesi Tenggara dan Papua Barat Terdampak? /Pexels/Dominika Roseclay/
 

Berita KBB - Hujan deras berpotensi mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia terutama di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua pada akhir pekan Sabtu-Minggu 18-19 November 2023.


Menurut laporan peringatan dini cuaca yang dirilis BMKG pada Jumat 17 November 2023, sebagian wilayah Jawa juga berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang dalam kurun 2 hari ke depan.


Dalam narasi laporan tersebut, BMKG mengemukakan, kondisi cuaca ini dipengaruhi adanya sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik utara Papua Barat. Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin memanjang dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi bagian utara dan di Perairan Utara Maluku Utara hingga Laut Filipina.

 

Baca Juga: Pilihan Camping Mewah Di Gunung Mas Puncak Bogor: Glamping Dan Riverside Camp


Daerah perlambatan angin lainnya terpantau di sepanjang Teluk Thailand hingga Laut Andaman, dari Laut Cina Selatan hingga Selat Karimata, di pesisir Barat Kepulauan Riau hingga barat Kepulauan Bangka Belitung, di Pesisir Selatan Kalimantan, dari Laut Bali hingga Sulawesi Selatan, dari Laut Flores hingga Laut Maluku, dan di Papua bagian tengah. 


BMKG juga mendapati adanya daerah pertemuan angin di perairan selatan Kalimantan Selatan, di Laut Maluku, dan di perairan utara Maluku Utara. Fenomena-fenomena ini dapat menimbulkan potensi tumbuhnya awan hujan di wilayah-wilayah tersebut.


Apakah Sulawesi Tenggara dan Papua Barat termasuk daftar provinsi yang diprediksi hujan weekend ini? Simak informasi prakiraan cuaca hari ini dan besok, Sabtu-Minggu 18-19 November 2023 berikut. Perlu diingat cuaca yang terjadi sebenarnya bisa saja berbeda dari perkiraan.


Prakiraan Cuaca Sabtu 18 November 2023


Hujan deras pada Sabtu berpotensi mengguyur wilayah berikut:

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x