Hari Televisi Sedunia 21 November: Inilah Peran Penting TV di Abad 21 yang Serba Digital, Bukan Cuma Penghibur

- 21 November 2023, 10:15 WIB
21 November, Sejarah hari televisi sedunia
21 November, Sejarah hari televisi sedunia /pixabay
 

Berita KBB - Selain Hari Pohon Sedunia, Selasa 21 November 2023 juga diperingati secara internasional sebagai Hari Televisi Sedunia. Berikut ini sejarah momentum peringatan tersebut dan peran penting di abad 21 selain dari hiburan semata.


Dikutip dari laman resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa, Hari Televisi Sedunia diperingati setiap tanggal 21 November setelah terbitnya Resolusi PBB 51/205 pada 17 Desember 1996.


Sebelum Resolusi tersebut, PBB menyelenggarakan Forum Televisi Dunia pertama pada 21-22 November 1996. Dalam forum ini, tokoh-tokoh media terkemuka duduk satu meja untuk mendiskusikan pentingnya TV dalam menghadapi dunia yang terus berubah.

 

Baca Juga: Jadwal ANTV Selasa 21 November 2023 Tayang Sinema Bangunnya Nyi Roro Kidul, Mereka yang Terlihat


Hari Televisi Sedunia ditetapkan Majelis Umum PBB sebagai respons atas meningkatnya dampak televisi terhadap pengambilan keputusan, dengan memberikan potret konflik dan ancaman kedamaian dan keamanan juga mempertajam fokus terhadap isu-isu besar di bidang ekonomi dan sosial.


Meskipun dunia memasuki era digital di mana masyarakat membuat, mengunggah dan mengonsumsi konten di berbagai platform, televisi masih menjadi sumber terbesar dalam konsumsi tayangan video.

 

Baca Juga: Jadwal Trans TV Selasa 21 November 2023 Tayang Film 1911 Revolution dan Detroit


Hal ini terlihat dari ukuran layar yang semakin hari semakin besar dan masih bertambahnya rumah tangga yang memiliki televisi di seluruh dunia. Perkembangan dunia penyiaran pun menjadi kesempatan besar untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu penting yang terjadi di masyarakat.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x