Niat Hingga Keutamaan Puasa Rajab Lengkap Beserta Latin dan Artinya

- 6 Januari 2024, 07:23 WIB
Niat Hingga Keutamaan Puasa Rajab Lengkap Beserta Latin dan Artinya
Niat Hingga Keutamaan Puasa Rajab Lengkap Beserta Latin dan Artinya /Pixabay/goldbug
 
 
 
BERITA KBB - Bulan Rajab merupakan salah satu bulan mulia yang di dalamnya terjadi berbagai peristiwa dalam sejarah Islam.
 
Dalam Islam, umat Islam menghormati bulan Rajab dengan berpuasa. Hal ini diriwayatkan dalam hadits shahih Imam Muslim sebagai berikut: "Puasa di bulan suci ini disebut  puasa paling utama setelah puasa Ramadhan.'' 
 
Nah, bagi kalian yang ingin berpuasa pada bulan ini bulan Rajab, yuk kita simak tata cara dan niat puasa Rajab. 
 
 
Untuk bacaan niat puasa Rajab antara lain: 
 
نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى
 
Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta'aala
 
Artinya: “Saya berniat puasa Rajab sunah karena Allah ta'ala.”
 
Anda bisa menggunakan bahasa Arab atau Indonesia untuk mengucapkan niat berpuasa Rajab ini secara lisan atau di dalam hati.
 
Mengenai waktu pelafalan niat puasa Rajab dapat anda baca sehari sebelum  atau saat melaksanakan puasa.
 
Ketentuan Puasa di Bulan Rajab, tidak ada dalil dalam Al-Qur'an atau Hadits yang menjelaskan aturan menjalankan puasa di bulan Rajab.
 
Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk berpuasa pada bulan-bulan suci, termasuk bulan Rajab. Namun puasa di bulan Rajab adalah Sunnah.
 
Jadi jika anda berpuasa di bulan Rajab, anda akan mendapatkan pahala. Namun jika meninggalkannya, maka tidak dosa.
 
Oleh karena itu, puasa Rajab dapat dilaksanakan asalkan benar-benar dilaksanakan pada bulan Rajab, yakni mulai tanggal 1 Rajab atau mulai hari yang bertepatan dengan hari Sabtu, 13 Januari 2024.
 
Keutamaan Puasa Rajab 
 
Puasa di bulan Rajab memiliki keutamaan yang luar biasa dalam beramal shaleh, apalagi berpuasa di bulan mulia seperti bulan Rajab.
 
Beberapa keutamaan puasa Rajab tercantum di bawah ini.
 
Segala dosa akan diampuni. Sebagaimana dikatakan Ibnu Abbas R.A menjelaskan;
 
 
“Puasa di awal bulan Rajab dapat menghapus dosa (kafarat) selama 3 tahun, di hari kedua menjadi kafarat selama 3 tahun, di hari ketiga menjadi kafarat selama 1 tahun, kemudian di setiap hari sesudah itu menjadi kafarat selama 1 bulan.” (HR. Abu Muhammad Al-Khalali, dimuat dalam kitab Jami'Ush-Shaghir).
 
Mendapat air minum dari surga. Keutamaan yang satu ini diperkuat oleh sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim. 
 
“Sesungguhnya di surga ada suatu sungai yang bernama ‘Rajab’, warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa berpuasa sehari dalam bulan Rajab, maka akan diberi minum oleh Allah SWT dari sungai itu,” (H. R. Bukhori Muslim).
 
Bulan kemuliaan yang penuh berkah. Rajab termasuk bulan yang penuh dengan kemuliaan karena pada bulan tersebut juga diharamkan untuk melaksanakan peperangan. 
 
Oleh karena itu, manfaatkan keberkahan tersebut dengan melakukan kebaikan. Salah satunya dengan menunaikan ibadah puasa sunah Rajab. 
 
Nah itulah tata cara, niat hingga keutamaan Puasa Rajab yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.***
 
 

 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x