Penanganan Covid di Indonesia Semakin Baik

- 12 Oktober 2020, 18:16 WIB
Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto /BNPB

BERITA KBB - Penanganan Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan hingga hari ini Senin 12 Oktober 2020.

Berdasarkan data Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEC), kasus aktif COVID-19 per hari ini berada pada angka 19,97 persen. Hal itu jauh lebih baik apabila dibandingkan pada periode sebelumnya yakni 22,1 persen.

Kemudian tingkat rata-rata kesembuhan atau _recovery rate_ sudah mencapai angka 76,48 persen yang mana hal itu lebih tinggi dari rata-rata dunia yakni 75,0 persen.

Baca Juga: Innalillahi, Dua Warga jadi Korban Tanah Longsor di Kudus

Adapun faktor yang mempengaruhi _recovery rate_ tersebut adalah adanya penurunan kasus aktif di beberapa provinsi di Indonesia.

Selanjutnya, untuk prosentase rata-rata kasus meninggal atau _fatality rate_ di Indonesia adalah 3,55 persen dan angka tersebut masih berada di atas dunia yakni 2,9 persen.

Ketua Komite PCPEN, Airlangga Hartarto mengatakan, memasuki kuartal IV (Q4), Presiden Joko Widodo meminta agar Komite PCPEN dapat melakukan pengendalian secara mikro.

Baca Juga: Hati-hati, Ada Sindikat Pengedar Uang Palsu di Cimahi dan Padalarang

Hal itu sebagaimana yang telah dilakukan sebelumnya di 11 provinsi yang memilki dampak COVID-19 tinggi dan potensi ekonomi yang besar.

“Arahan Bapak Presiden adalah di beberapa kota di antaranya Ambon, Jakarta Utara, Depok, Bekasi, Jayapura, Padang, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Pekanbaru Jakarta Selatan dan Jakarta Timur untuk lebih didalami seperti kemarin menangani 8 provinsi dan 3 provinsi lain,” jelas Airlangga dalam keterangan resmi di Media Center Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di Jakarta, Senin 12 Oktober 2020.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x