Apa Itu Ajang Balap Motocross MXGP Samota 2022 yang Akan Digelar di Sumbawa? Ini Penjelasannya

- 15 Juni 2022, 21:50 WIB
Demi MXGP Samota, NTB dan Bali Sepakati Konsep Ini, Apa Itu?
Demi MXGP Samota, NTB dan Bali Sepakati Konsep Ini, Apa Itu? /diskominfotik NTB

 

 
BERITA KBB - Indonesia akan kembali jadi tuan rumah ajang balap internasional. Setelah MotoGP Mandalika, kemudian Formula E Jakarta, tak lama lagi bakal ada MXGP yang akan di selenggarakan di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
 
Tiket ajang balap Motocross Grand Prix (MXGP) Indonesia di Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai diborong pembeli.
 
"Para penggemar kegiatan bermotor, penonton perhelatan akbar internasional, dan penggiat olahraga motocross dunia sudah mulai memborong tiket masuk dan menyiapkan perjalanan mereka ke Samota," kata Komandan Lapangan MXGP Indonesia Samota Ridwan Syah di Mataram, pada hari Rabu 15 Juni 2022.
 
 
Ia mengatakan bahwa, penjualan tiket masuk harian secara online di aplikasi tiket.com terus berjalan dengan harga mulai dari Rp100 ribu untuk kelas Festival hingga Rp2,5 juta untuk fasilitas Sky Box yang berlokasi premium.
 
"Tiket juga dijual secara offline di 3.000 titik Tiket Box yang disiapkan panitia melalui kerjasama dengan Astindo dan Gerbang NTB Emas," ujarnya.
 
Tiket yang dibeli harus ditukar dengan wristband sebagai alat akses masuk ke lokasi acara.
 
 
Penukaran dijadwalkan pada tanggal 22 hingga 26 Juni 2022 di GOR Mampis Rungan dan Gedung Wanita, Sumbawa.
 
Para juara dunia motocross sudah menyelesaikan putaran terakhir di Jerman dan sedang bersiap menuju Samota, Sumbawa, untuk MXGP Indonesia 2022.
 
Jorge Prado, sang juara di Jerman, dipastikan memimpin klasemen MXGP (450 cc) dan diharapkan akan memukau penonton di Samota dengan performa terbaiknya melintasi sirkuit yang paling menantang di MXGP.
 
 
"Kita tunggu kehadiran MXGP Indonesia 2022 di Samota sebentar lagi," katanya.
 
Jadwal acara utama MXGP of Indonesia 2022 dimulai pada Jumat 24 Juni 2022, dengan pemeriksaan track pada pagi hari oleh FIM selaku pemilik MXGP.
 
Kemudian, dilanjutkan dengan rangkaian pertemuan teknis dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang akan memimpin komite balap lokal.
 
Sore harinya acara penyambutan resmi disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa di dalam kota, dilanjutkan dengan pagelaran musik Rocket Motor Circuit selepas senja di area komersil sirkuit yang terletak bersebelahan dengan track MXGP.
 
Pada hari Sabtu 25 Juni 2022 merupakan hari penentuan kualifikasi para pembalap peserta MXGP of Indonesia 2022 yang terdiri dari dua kelas, yaitu MX 2 (250 cc) dan MXGP (450 cc).
 
Puncak dari acara MXGP of Indonesia 2022 yang diselenggarakan pada 26 Juni 2022 diawali dengan upacara pembukaan di sirkuit Samota yang akan dihadiri oleh seluruh undangan VIP, pejabat pemerintahan daerah maupun nasional, serta para peserta MXGP.
 
Selanjutnya pada babak final yang akan berlangsung pada setiap kelasnya, akan ditutup dengan penyerahan piala kepada para juara di putaran ke – 12 FIM Motocross World Championship yang dikenal dengan nama Motocross World Championship yang dikenal dengan nama Motocross Grand Prix (MXGP).
 
Diperkirakan akan ada lebih dari 10 pembalap yang akan turun di tiap kelasnya, dengan tambahan beberapa pembalap wild card dari Indonesia dan negara lain yang lolos dari babak kualifikasi.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x