Profil Siapa Nugroho Setiawan? Ramai Pasca Insiden Kanjuruhan Hingga Lisensi FIFA Security Officer Dimilikinya

- 3 Oktober 2022, 17:39 WIB
Nugroho Setiawan.
Nugroho Setiawan. /Laman pssi.org


BERITA KBB- Sosok Nugroho Setiawan kini ramai di perbincangkan publik mengenai perannya dalam aturan keamanan pertandingan.

Sejak terjadinya insiden kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, nama Nugroho Setiawan muncul di media sosial. Nampaknya bagi dunia sepak bola namanya tidak asing lagi.

Lantaran, Nugroho Setiawan adalah satu-satunya orang Indonesia yang memiliki lisensi FIFA Security Officer dan sangat paham bagaimana aturan dalam keamanan saat pertandingan.

Baca Juga: Peringati Hari Batik, Pemkot Bandung Pamerkan Batik Khas Raksasa Berukuran 450 Meter

Kerusuhan yang terjadi saat pertandingan Arema FC vs Persebaya menjadi perhatian dunia saat adanya gas air mata dalam proses melerai massa.

Hal ini menjadi tindakan pelanggaran FIFA Stadium Safety and Security yang telah masuk dalam aturan keamanan dalam pertandingan.

Gas air mata juga senjata api adalah benda yang dilarang untuk masuk dalam stadion. Namun yang terjadi saat insiden tersebut, aparat kepolisian menyemprotkan gas air mata ke berbagai sudut untuk menghalau kondisi karena semakin tak terkendali.

Baca Juga: Kota Bandung Optimis Raih Juara Posyandu Award Tingkat Jabar

Nama Nugroho Setiawan sempat menjabat sebagai Head of Infrastructure, Safety, and Security PSSI. Namun, kini ia menjadi Security Officer AFC.

Beliau merupakan lulusan Sastra Rusia, Universitas Indonesia. Menyukai dunia seni gambar dan memiliki cita-cita menjadi seniman.

Akan tetapi, Nugroho Setiawan justru terjun ke dunia keamanan sepakbola dengan sejumlah pengalaman yang luar biasa penting bagi kelancaran pertandingan di Indonesia.

Baca Juga: Ajak Lansia Tetap Sehat, Pemkot Gelar Pekan Olahraga Lansia

Pada tahun 2008, Nugroho Setiawan dipercaya sebagai 'security officer' untuk Pelita Jaya.

Kemudian bergabung dengan kompetisi liga sebagai konsultan. Tak hanya untuk dunia sepak bola, kemampuannya dalam bidang manajemen kemananan sangat diperlukan bagi beberapa perusahaan seperti PLN, Sucofindo, dan lainnya.

Ia juga berprofesi sebagai pengajar sertifikasi untuk manajer keamanan. Demikian informasi mengenai profil Nugroho Setiawan, satu-satunya orang yang memiliki Lisensi FIFA Security officer.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x