Timnas Indonesia Gagal Masuk Final Usai Kalah Lawan Vietnam dengan Skor 0-2

- 10 Januari 2023, 23:25 WIB
Timnas Indonesia Gagal Masuk Final Usai Kalah Lawan Vietnam dengan Skor 0-2
Timnas Indonesia Gagal Masuk Final Usai Kalah Lawan Vietnam dengan Skor 0-2 /IG/@PSSI/
 
BERITA KBB - Timnas Indonesia lagi - lagi harus menelan pil pahit di Piala AFF 2022. Mereka gagal ke final usai kalah dari Vietnam di semifinal leg 2 Piala AFF 2022 dengan skor 0-2.
 
Berlaga di My Dinh National Stadium, Indonesia kebobolan lewat dua gol cepat Vietnam. Satu gol cepat lahir di babak pertama, lainnya pada paruh kedua.
 
Start Indonesia tak terlalu bagus. Menit ketiga, mereka sudah kecolongan lewat aksi Nguyen Tien Linh. Berawal dari umpan panjang yang dilepaskan Do Hung Dung, Tien Linh sukses mengontrol bola dengan baik. Hingga akhirnya, Tien Linh mampu melepaskan tembakan terukur ke gawang Nadeo Argawinata.
 
 
Permainan The Golden Star Warriors makin cair usai unggul 1-0. Mereka kian mendominasi penguasaan bola dengan umpan-umpan pendeknya untuk memaksa Pasukan Garuda bertahan cukup dalam.
 
Indonesia sebenarnya mendapat momentum bagus pada menit 24. Berawal dari kombinasi Asnawi Mangkualam dan Marc Klok, Dendy Sulistiawan mendapat ruang yang bagus untuk melakukan tembakan di depan gawang Vietnam.
 
Tapi, pergerakan Dendy dihentikan oleh Que Ngoc Hai. Wasut tak meniup peluit tanda terjadi pelanggaran atas aksi Ngoc Hai dan Indonesia gagal dapat penalti. Vietnam unggul 1-0 di masa jeda.
 
 
Memasuki paruh kedua, Indonesia berharap bisa mencetak gol penyeimbang. Sial, saat laga baru berlangsung dua menit di babak kedua, Indonesia malah kebobolan lagi. 
 
Tandukan Tien Linh berhasil menemui jala gawang Nadeo untuk kali kedua. Vietnam unggul 2-0.
 
Demi mengejar dua gol, pelatih Shin Tae Yong merombak barisan depannya. Dia memasukkan Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Ilija Spasojevic, dan Muhammad Rafli untuk menggantikan Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam, Marselino Ferdinan dan Rizky Ridho.
 
 
Kehadiran mereka memang menambah daya gedor Indonesia. Sejumlah peluang memang tercipta, tapi Pasukan Garuda belum mampu memecahkan kebuntuan.
 
Bahkan, Indonesia nyaris kebobolan untuk ketiga kalinya. Beruntung, peluang emas Vietnam berhasil digagalkan Nadeo. 
 
Hingga peluit panjang berbunyi, skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah tetap terjaga sekaligus menyingkirkan Indonesia dari Piala AFF 2022.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x