Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Bisa Menghindari Alzheimer

- 11 Februari 2023, 16:52 WIB
Manfaat Penggunaan Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Rambut, Simak Ulasannya!
Manfaat Penggunaan Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Rambut, Simak Ulasannya! /PEXELS
 
BERITA KBB – Salah satu minyak dengan tingkat kesehatannya yang tinggi saat ini adalah minyak zaitun. Meskipun pengikutnya belum mencapai sampai ke global, para peneliti telah menemukan begitu banyak manfaat dari minyak ini.
 
Menurut beberapa penelitian juga, minyak memiliki banyak manfaat yang tak terhitung dan hingga sekarang masih terus mencoba untuk mengetahui manfaat baru yang ditawarkan dari minyak zaitun ini.
 
Manfaat minyak ini bisa dilihat dari beberapa pengobatan yang terbukti dapat berfanmaat bagi kesehatan orang-orang. Walau pada dasarnya ini hanyalah minyak yang pada umumnya, namun khasiat yang dimiliki mungkin terbilang banyak dibanding yang lain.
 
 
Apa Itu Minyak Zaitun?
Minyak zaitun sebenarnyaadalah kandungan lemak yang didapat dari buah Pohon Zaitun, tanaman pohon tradisional di daerah Mediterania. Buah zaitun yang masih utuh akan diperas, hasil dari perasan tersebutlah yang akan mendapatkan jenis minyak yang khas ini.
 
Apa Saja Khasiat Minyak Zaitun?
Berikut beberapa manfaat hebat yang dihasilkan dengan mengonsumsi minyak zaitun :
 
1. Minyak zaitun extra virgin menjaga daya ingat, melindungi otak dari penyikit Alzheimer
Dengan adanya penyakit seperti alzheimer yang perlahan menggerogoti ingatan seseorang, mungkin sudah saatnya mencoba melihat manfaat yang dihasilkan minyak zaitun.
 
Pola makan orang di Mediterania yang kaya akan makanan nabati dikaitkan dengan daftar insiden demensia yang lebih rendah. Para peneliti sekarang telah menemukan bahwa minyak zaitun mengurangi pandangan dan mengaktifkan proses yang disebut autophagy.
 
 
Autophagy adalah proses di mana sel memecah dan membersihkan puing-puing intraseluler dan racun berbahaya lainnya, yang merupakan penanda klasik untuk timbulnya penyakit Alzheimer.
 
Ditemukan oleh pakar ahli, bahwa unsur-unsur tertentu yang ada dalam minyak zaitun dapat mengusir protein abnormal penyakit Alzheimer dari otak. Dan jawabannya telah ditemukan di negara-negara Mediterania.
 
Awalanya, para ilmuwan percaya bahwa itu adalah konsentrasi tinggi lemak jenuh tunggal yang sehat dalam minyak zaitun. Tapi kemudian, sesuatu yang berbeda muncul, jadi sebenarnya itu adalah zat seperi agen pelindung yang disebut oleocanthal. Memiliki efek yang melindunig sel-sel saraf dari kerusakan tertentu yang biasanya terjadi pada penyakit Alzheimer.
 
Para peneliti akhirnya menyimpulkan 2 khasiat dari minyak zaitun :
- Minyak berpotensi mengurangi resiko penyakit Alzheimer
- Minyak zaitun juga memiliki kemampuan untuk menurunkan resiko demensia neurodegeneratif.
 
 
2. Minyak zaitun bisa menyembuhkan Kanker sampai batas tertentu
Memang sulit dipercaya, bahwa minyak zaitun dapat menyembuhkan penyakit mematikan yang disebut kanker ini, walau hanya dalam batas tertentu.
 
Minyak axtra virgin, yang dikenal karena manfaat utamanya untuk kesehatan kini telah ditemukan untuk membantu menghancurkan sel kanker dengan cepat. Peneliti telah membuktikan bahwa oleocanthal yang terdapat pada minya extra virgin ini menyebabkan kematian sel pada sel kanker.
 
Karena oleocanthal mampu menargetkan dan menghancurkan sel-sel kanker, sekaligus menyelamatkan sel-sel sehat, meyakinkan para peneliti bahwa ini saja dapat membuktikan alternatif bagi orang yang bersedia menjalani pengobatan kanker terapeutik.
 
3. Minyak zaitun dan produk terkait dengan bahan zaitun lainnya dapat membantu mencegah Diabetes tipe 2
Para peneliti sekarang telah menemukan bahwa tidak hanya minyak zaitun, namun juga setiap produkyang terkait dengan zaitun itu sendiri dapat membantu melawan dan mencegah diabetes tipe 2.
 
Sebuah tim peniliti menemukan bahwa senyawa oleuropein yang berasal dari zaitun membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak insulin, yaitu molekul sinyal sentral dalam tubuh yang mengontrol metabolisme.
 
4. Minyak zaitun dapat membantu dalam mengobati Penyakit Ulkus Peptikum
Khasiat lainnya yang daat diberikan dari minyak zaitun adalah membantu menyembuhkan Penyakit Ulkus Peptikum. Makanan sederhana atau bahkan minuman seperti teh hijau, jus cranberry, dan makanan alami lainnya mencegah pertumbuhan H.pylori.
 
Telah ditemukan oleh para peneliti sekarang, bahwa kondisi simulasi, senyawa fenolik sehat dalam minyak extra virgin dapat tetap stabil di lingkungan asam lambung bahkan untuk jangka waktu beberapa jam.
 
Demikian khasiat yang dapat dihasikal minyak zaitun untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan sampai sekarang, para peneliti mempertimbangkan hasil minyak zaitun sebagai agen kemoprotektif untuk menyembuhkan tukak lambung atau kanker lambung.***
 
 
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x