Inspiratif! Pesantren Manarul Huda Kreasi Mandiri New Normal Kit dan Terapkan Prokes Covid-19

- 19 Mei 2021, 06:32 WIB
Santri menggunakan fasilitas cuci tangan, di Pesantren Manarul Huda  Citra Green Dago, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.
Santri menggunakan fasilitas cuci tangan, di Pesantren Manarul Huda Citra Green Dago, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. /Dok/

BERITA KBB - Pandemi yang berkepanjangan menunjukkan masih rendahnya penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Menyadari hal tersebut, Pesantren Manarul Huda menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar dengan kemandiriannya menghadapi Covid-19.

Dengan binaan Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Bandung (Unisba), santri-santri Manarul Huda mengkreasikan secara mandiri new normal kit, seperti hand sanitizer dan masker.

Tim yang diketuai oleh Meta Maulida Damayanti, drg., M.Kes, beranggotakan Meike Rachmawati, dr, M.Kes., Sp.PA, Yuniart, drg., M.Kes, Mia Kusmiati, dan dr., MPd.Ked., PhD., juga mendatangkan tim ahli pembuatan hand sanitizer dan masker, yakni Miski Aghnia K., M.Biomed.Sc.,PhD.,APT dan Ami Rahmawati, SH. dari IPII Bandung.

Baca Juga: NPCI Kota Bandung Siap Menyukseskan Jawa Barat Juara Umum di Peparnas Papua 2021, Siap Sumbang 60 Medali Emas

Ketua Tim PKM LPPM Unisba, Meta Maulida Damayanti mengatakan, sejak pandemi muncul pertama kali di bulan Desember 2019 dan pertama terkonfirmasi di Indonesia pada bulan Maret 2020, pemerintah Indonesia secara tegas memberlakukan lockdown.

Data yang dirilis oleh gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, jumlah kasus terkonfirmasi semakin meningkat setiap waktunya di Indonesia, salah satunya di Kota Bandung.

Menurut dia, upaya pencegahan transmisi harus segera dilakukan di antaranya peningkatan protokol kesehatan. Populasi yang berisiko tinggi harus mendapatkan perhatian khusus.

Baca Juga: H-2 Posko THR Ditutup, Kemnaker Ungkap Penanganan 444 Aduan THR

Pesantren merupakan populasi keagamaan yang terdiri atas sekumpulan orang yang melakukan aktivitas bersama pada waktu dan tempat yang sama.

Seluruh pesantren yang ada di Indonesia diimbau untuk melakukan protokol kesehatan dengan baik, begitu pula kebijakan yang dilakukan Pesantren Manarul Huda yang terletak di Citra Green Dago, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah