Syukuran Wisuda SBM ITB terapkan Virtual Reality dan Tampilkan Avatar

- 19 November 2020, 14:31 WIB
Dekan Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) Utomo Sarjono Putro (kiri) didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik Aurik Gustomo menyaksikan secara virtual prosesi pemberian penghargaan terbaik kepada salah satu wisudawan dalam bentuk avatar saat menggelar Wisuda Virtual SBM ITB, di Gedung MBA ITB, Bandung, Jawa Barat, Sabtu 14 November 2020. Prosesi wisuda virtual yang diikuti sebanyak 556 wisudawan program sarjana dan pasca sarjana ini menerapkan teknologi Virtual Reality (VR) dengan menampilkan avatar, khususnya bagi lulusan penerima penghargaan dan lulusan berprestasi. Teknologi VR merupakan salah satu inovasi yang sedang dikembangkan oleh Laboratory of Educational Games (LEG) SBM ITB menuju education 4.0 dan ecosystem based learning yang dicanangkan oleh SBM.
Dekan Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) Utomo Sarjono Putro (kiri) didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik Aurik Gustomo menyaksikan secara virtual prosesi pemberian penghargaan terbaik kepada salah satu wisudawan dalam bentuk avatar saat menggelar Wisuda Virtual SBM ITB, di Gedung MBA ITB, Bandung, Jawa Barat, Sabtu 14 November 2020. Prosesi wisuda virtual yang diikuti sebanyak 556 wisudawan program sarjana dan pasca sarjana ini menerapkan teknologi Virtual Reality (VR) dengan menampilkan avatar, khususnya bagi lulusan penerima penghargaan dan lulusan berprestasi. Teknologi VR merupakan salah satu inovasi yang sedang dikembangkan oleh Laboratory of Educational Games (LEG) SBM ITB menuju education 4.0 dan ecosystem based learning yang dicanangkan oleh SBM. /SBM ITB

BERITA KBB - Ada yang berbeda pada selebrasi syukuran wisuda virtual SBM ITB  kali ini, yaitu dengan menerapkan teknologi Virtual Reality (VR), khususnya bagi lulusan penerima penghargaan dan lulusan berprestasi.

Avatar lulusan berprestasi ini muncul di panggung dan menerima penghargaan yang diberikan oleh Dekan SBM ITB, Utomo Sarjono Putro didampingi Aurik Gustomo, Wakil Dekan Bidang Kurikulum serta Reza Ashari Nasution, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya seperti tampak pada gambar.

Sebanyak 556 mahasiswa resmi diwisuda, dengan 317 raih gelar Sarjana, 235 gelar Magister, dan 4 gelar Doktor.

Baca Juga: Tegas Saat Membawakan ILC, Ternyata Begini Sosok Karni Ilyas Dibalik Layar Tv

Kondisi pandemi memaksa SBM ITB untuk berinovasi dalam penyelenggaraan event. Inovasi yang dikembangkan dapat mengobati kerinduan untuk bertemu dan berinteraksi dalam event wisuda tersebut.

Salah satu teknologi yang menjadi bagian dari teknologi industri 4.0 yang dapat mengobati keinginan untuk berinteraksi antar sesama civitas akademika SBM adalah virtual reality (VR).

Menurut Dr. Eng. Nur Budi Mulyono, Kepala Laboratory of Educational Games (LEG) SBM ITB “Teknologi VR yang dikembangkan menggunakan platform mozilla hub dan unity web based. Teknologi ini mulai tahun ini dikembangkan di LEG untuk perkuliahan virtual dan pelatihan berbasis gamifikasi. untuk customisasi seperti pada event wisuda dibutuhkan waktu 1 bulan pembuatan”.

Baca Juga: Selalu Berada di Lokasi Syuting, Begini Cara Arya Saloka Pantau Buah Hatinya

Teknologi virtual reality merupakan salah satu inovasi yang sedang dikembangkan oleh LEG menuju education 4.0 dan ecosystem based learning yang dicanangkan oleh SBM.

Teknologi ini memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi layaknya seperti interaksi sehari-hari di dalam dunia virtual yang didesain mirip dengan lingkungan kelas dan ruangan di SBM ITB.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah