Gubernur Jabar Terkesan dengan Inovasi Vaksinasi Covid-19 Massal di Arcamanik Sport Jabar

- 19 Maret 2021, 00:42 WIB
 Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi petugas publik di sektor perhubungan dan lansia di Arcamanik Sport Jabar, Kota Bandung, Kamis 18 Maret 2021.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi petugas publik di sektor perhubungan dan lansia di Arcamanik Sport Jabar, Kota Bandung, Kamis 18 Maret 2021. /Humas Jabar/Rizal/

BERITA KBB - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengajak swasta untuk turut menyukseskan program vaksinasi COVID-19. Keterlibatan swasta dapat mempercepat vaksinasi dan pemulihan ekonomi.

Oleh karena itu, Emil mengapresiasi GRAB yang menggelar vaksinasi COVID-19 secara massal bagi 4.500 pekerja publik di sektor transportasi dan 500 lansia di Arcamanik Sport Jabar, Kota Bandung, Kamis 18 Maret 2021.

"Dicari lembaga-lembaga swasta, seperti GRAB ini, yang mau bela negara dengan menggelar vaksinasi massal. Jika ini berhasil, seperti hari ini, maka ekonomi juga akan cepat pulih," kata Emil.

Baca Juga: Edukasi Masyarakat Terkait Vaksin, Kiai dan Ulama di Cirebon Divaksin Covid-19

Pelaksanaan vaksinasi tersebut menerapkan sejumlah inovasi. Pertama, proses skrining menggunakan telemedicine atau daring dari Good Doctor Indonesia. Kemudian, penyuntikan vaksin mencakup layanan Drive-Thru dan Walk-In.

Menurut Emil, proses skrining via telemedicine dapat menekan angka penundaan vaksinasi, khususnya bagi lansia. Banyak lansia yang ditunda karena tidak dalam kondisi prima saat skrining.

"Dengan telemedicine, dapat menurunkan tingkat kegagalan saat proses skrining. Hampir 20 persen tidak memungkinkan divaksin karena masalah klinis. Mudah-mudahan dengan telemedicine bisa jadi 4 persen atau bahkan nol persen," tuturnya.

Baca Juga: Pilu, Curahan Hati SBY tentang ‘Sahabat’ yang Berkhianat: Ya Allah, KepadaMu Aku Berserah Diri

Emil menuturkan, pihaknya berkomitmen mempercepat vaksinasi COVID-19 di Jabar. Komitmen tersebut terwujud dari keputusan Pemda Provinsi Jabar untuk menggratiskan sewa gedung Arcamanik Sport Jabar bagi GRAB.

"Kami gratiskan Gedung Arcamanik ini supaya kita fokus untuk menyukseskan vaksinasi COVID-19," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah