Patut Ditiru, Beli Pakan Satwa untuk Donasi Kebun Binatang Bandung dari Petani Terdampak Pandemi

- 5 Agustus 2021, 14:21 WIB
 Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan saat memberi bantuan pakan untuk satwa herbivora di Kebun Binatang Kota Bandung.
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan saat memberi bantuan pakan untuk satwa herbivora di Kebun Binatang Kota Bandung. /instagram @dishut_jabar)/

BERITA KBB - Pemda Provinsi Jawa Barat memberi bantuan pakan untuk satwa herbivora di Kebun Binatang Kota Bandung menyusul penutupan ikon Kota Bandung ini sejak penerapan PPKM.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan, bantuan pakan adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada satwa di tengah pandemi COVID-19. Di belakang satwa – satwa ini ada manusia (baca: tenaga kerja) yang mengandalkan pendapatannya dari bekerja di obyek wisata ini.

“Bantuan yang kita berikan berupa wortel 60 kilogram, labu 350 kilogram, pakcoy 300 kilogram, cesim 400 kilogram, timun 250 kilogram, kangkung dan kacang panjang 10 kilogram,” kata Epi, saat dihubungi Kamis, 5 Agustus 2021.

Baca Juga: Gerakan Bersama Peduli Satwa Filantra, Donasi Pakan Satwa 20 Kebun Binatang se-Indonesia

Menurut Epi, sayuran yang didonasikan bagi satwa di Kebun Binatang Bandung dibeli dari hasil panen para petani di Kabupaten Sukabumi yang kesulitan menjual hasil panen akibat daya beli masyarakat menurun dampak pandemi. 

“Pada masa PPKM banyak masyarakat yang terdampak termasuk para petani di Kabupaten Sukabumi. Hasil panennya dibagikan secara gratis kepada masyarakat dan sebagian dibuang karena tidak ada yang membeli dan sulit menjual ke pasar,” ucapnya.

Epi berharap pola _win win solution_ dapat ditiru donatur, perusahaan, komunitas, maupun masyarakat untuk menghidupi satwa, tidak sebatas herbivora tapi karnivora.

Baca Juga: Terdampak Pandemi, Kebun Binatang Bandung Terima Bantuan 290 Kilogram Daging Sapi dari Darul Hikam

“Kami berharap ini sumbangan awal dari kami. Selama masa pandemi ini kita bukan hanya memperhatikan manusia tapi juga satwa-satwa yang juga merupakan ciptaan Tuhan," ujarnya.

Sementara itu, Marketing Communication Bazoga Sulhan Syafi'i, mengapresiasi donasi yang telah diberikan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat kepada Bazoga berupa sayur-sayuran bagi pakan satwa.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah