Pulihkan Ekonomi, Pengusaha Diharap Optimis Bangkit dari Pandemi

- 24 September 2021, 13:15 WIB
Pengusaha sektor perikanan minta pemerintah buka kembali rumah makan dan restoran, tidak butuh bantuan modal.
Pengusaha sektor perikanan minta pemerintah buka kembali rumah makan dan restoran, tidak butuh bantuan modal. /Wahana Frozen Fresh Fish/

BERITAKBB - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan para pelaku usaha tentang dua disrupsi yang saat ini sedang terjadi. Kedua disrupsi tersebut yakni revolusi industri 4.0 dan juga pandemi COVID-19.

Meskipun begitu, Ridwan Kamil mengajak kepada para pelaku usaha tetap menjaga optimisme untuk memulihkan perekonomian.

"Jadi saya ingin mengajak dulu kawan-kawan sementara untuk optimis," ujar Ridwan Kamil saat Dialog Pemulihan Ekonomi Jawa Barat yang dilakukan secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis, 23 September 2021.

Baca Juga: Tingkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga

Menurut Ridwan Kamil, saat ini satu disrupsi yakni pandemi COVID-19 sudah berangsur membaik. Hal ini terlihat dari beberapa indikator penanganan COVID-19 yang mulai membaik.

Sebagai salah satu contohnya adalah tingkat keterisian kamar tidur (bed occupancy rate/BOR) di rumah sakit untuk COVID-19 yang kini berada di angka 6 persen. Sebelumnya, angka BOR RS untuk COVID-19 pernah mencapai 91 persen pada saat varian delta masuk ke Indonesia.

Dari sisi makro juga, ekonomi Jabar menunjukkan tanda-tanda positif. Pertumbuhan ekonomi kuartal II/2021 tumbuh 6,13 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Baca Juga: Ekonomi Kreatif Digaungkan pada Connecticity International Conference on Creative Economy 2021

Dari sisi ekspor juga, Jabar tercatat sebesar USD21.556 miliar pada periode Januari hingga Agustus 2021. Angka ini setara dengan 15,18 persen dari total ekspor Indonesia dan menjadikan Jawa Barat juara pertama dari sisi ekspor.

Sementara itu, investasi Jawa Barat juga menjadi yang paling tinggi di Indonesia. Adapun Penanaman Modal Asing (PMA) Jawa Barat mencapai USD1,5 miliar atau 19,85 persen dari total realisasi PMA Indonesia.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x