Ekonomi Kreatif Digaungkan pada Connecticity International Conference on Creative Economy 2021

- 22 September 2021, 05:20 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berbasis atap PT Aqua Golden Missisipi Mekarsari Sukabumi secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa, 21 September 2021.
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berbasis atap PT Aqua Golden Missisipi Mekarsari Sukabumi secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa, 21 September 2021. /Pipin Sauri/Biro Adpim Jabar/

BERITAKBB - GubernurJawa Barat Ridwan Kamil membuka Connecticity International Conference on Creative Economy 2021 secara virtual dari Gedung Pakuan Bandung, Selasa, 21 September 2021.

Konferensi yang menghadirkan narasumber kompeten dari mancanegara itu sebagai ajang pertukaran pengetahuan dan pengalaman pada sektor ekonomi kreatif khususnya pemulihan ekonomi pasca-COVID-19.

Menurut Emil, ekonomi kreatif berperan besar bagi perekonomian Jabar bahkan nasional. Hal ini ditunjang oleh besarnya jumlah penduduk dan fasilitas yang menunjang.

Baca Juga: Kuatkan Ekonomi Masa Depan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ajak Generasi Muda Gerakan Ekonomi

"Jabar adalah provinsi terbesar di Indonesia termasuk industri ekonomi kreatifnya. Kami aktif mempromosikan ekonomi kreatif, resilience dan inklusivitas di masa pandemi," katanya.

Emil menyebut, Jabar menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang memiliki Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (Kreasi) yang didirikan tahun lalu.

Kreasi merupakan lembaga yang dibentuk untuk mendorong kolaborasi pemangku kepentingan ekonomi kreatif dalam melahirkan kreativitas dan inovasi yang memberikan nilai tambah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Baca Juga: Jabar Bali Bahu Membahu Pulihkan UMKM, Solidaritas Dua Daerah Bangkitkan Ekonomi

"Kita satu-satunya di Indonesia yang memiliki komite ekonomi kreatif dan inovasi, ini adalah kombinasi kolaborasi pentaheliks," ujarnya.

Dari sisi infrastruktur, Pemda Provinsi Jabar juga tengah membangun gedung kreatif center di 27 kabupaten/ kota. Beberapa sudah selesai dibangun dan menjadi wadah bagi anak muda di untuk berekspresi menghasilkan industri kreatif.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x