Peringati Bulan K3 Nasional, Karyawan LEN Berbagi dengan Sesama Mendonor Darahnya

- 12 Januari 2022, 21:30 WIB
PT Len Industri (Persero) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung menyelenggarakan acara donor darah bertajuk “Setetes darah anda, berharga bagi mereka” di Grha Len, Bandung (12/01/2021).
PT Len Industri (Persero) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung menyelenggarakan acara donor darah bertajuk “Setetes darah anda, berharga bagi mereka” di Grha Len, Bandung (12/01/2021). /Humas Len/

BERITA KBB – PT Len Industri (Persero) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung menyelenggarakan acara donor darah bertajuk “Setetes darah anda, berharga bagi mereka” di Grha Len, Bandung (12/01/2021). 

Kegiatan donor darah tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka menyambut Bulan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Nasional tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2022.

Mungkin kita belum pernah membayangkan sebelumnya bahwa beberapa tetes darah yang kita sumbangkan bisa menjadi sangat berarti bagi kesehatan dan nyawa orang lain.

Baca Juga: Dukung Program Efektif Peningkatan Kemampuan Angkatan Laut Indonesia, Len Modernisasi KRI Usman Harun

Direktur Keuangan dan SDM Len, Indarto Pamoengkas saat membuka acara ini dalam sambutannya mengatakan, “Bulan K3 Nasional jangan dimaknai hanya dengan donor darah saja. Namun harus kita maknai dengan semangat kita menerapkan kegiatan K3 dalam pekerjaan kita sehari-hari, dan dengan menambah pengetahuan, kesadaran serta kepatuhan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja.”

Habibi, salah satu petugas PMI Kota Bandung mengatakan, “Saat pandemi seperti sekarang, masyarakat mulai berkurang untuk melakukan donor darah, terutama langsung ke PMI. Mereka masih ada yang merasa khawatir dengan adanya virus COVID 19. Maka dari itu, Len membantu dengan bekerjasama dengan kami, mendatangkan PMI ke kantor Len.”

“Hari ini ada 95 karyawan yang mendonorkan darahnya. Masing-masing orang bisa mendonorkan darahnya sebanyak 350 ml hingga 450 ml. Dan mereka harus cek kesehatan dulu apakah bisa menjadi pendonor atau tidak,” jelas Indarto.

Baca Juga: Kembangkan Industri Elektronika dan Semikonduktor di Indonesia, Menperin Agus G Kartasasmita Kunjungi PT LEN

Donor darah tidak hanya bermanfaat bagi sesama yang sedang membutuhkan transfuse darah saja. Donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan karyawan Len yang mendonorkan darahnya, seperti untuk kesehatan jantung dan meningkatkan produksi sel darah merah.

Selain itu, khususnya bagi masyarakat penderita penyakit tertentu seperti hemofilia, mereka membutuhkan setidaknya 2 kantung darah per bulan atau bahkan per minggu, sehingga dibutuhkan stok darah yang lebih banyak.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah