Kembangkan Industri Elektronika dan Semikonduktor di Indonesia, Menperin Agus G Kartasasmita Kunjungi PT LEN

- 4 Juni 2021, 21:07 WIB
Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan industri ke PT Len Industri (Persero) di Bandung pada hari Jumat, 4 Juni 2021.
Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan industri ke PT Len Industri (Persero) di Bandung pada hari Jumat, 4 Juni 2021. /Humas PT Len/

BERITA KBB - Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan industri ke PT Len Industri (Persero) di Bandung pada hari Jumat, 4 Juni 2021.

Kunjungan tersebut dimaksudkan dalam rangka pengembangan industri elektronika dan semikonduktor di Indonesia, maupun posisi PT Len Industri yang akan dijadikan sebagai holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) dimana pertahanan termasuk dalam Program Prioritas Nasional.

PT Len Industri saat ini ditunjuk sebagai Ketua Tim Percepatan Pembentukan Holding BUMN Industri Pertahanan. Penunjukan tersebut sesuai dengan lini bisnis pertahanannya yang sangat mendukung tren pertahanan perang masa depan berbasis Network Centric Warfare (NCW).

Baca Juga: Ikatan Cinta 4 Juni, Andin Menagih Janji pada Aldebaran terkait Makam Kosong : Kamu Hutang Penjelasan Mas

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, “Melihat peran PT Len Industri sebagai integrator, pemerintah akan mendukung pengembangan ekosistem industri elektronika sebagai penunjang proses bisnis perusahaan. Len menjadi perusaahan sebagai integrator teknologi berbasis elketronik untuk pengadaan alutsista Indonesia.”

Menurutnya, selain sebagai lead integrator untuk memenuhi kebutuhan alutsista berbasis teknologi elektronik, PT Len juga memiliki dua operasional penting, yaitu pengembangan industri transportasi khususnya di bidang perkeretaapian dan industri energi baru terbarukan melalui pembuatan panel surya.

Menperin juga mengapresiasi upaya PT Len industri untuk melakukan pendalaman struktur industri hingga ke bagian hilir untuk membuat sel surya dengan mengolah bahan baku pasir silika. Tentunya upaya ini akan memberikan multiplier effect bagi perekonomian Indonesia baik dari sisi kemampuan industri maupun dari transfer teknologi.

Baca Juga: Link Baca One Piece 1015 Bahasa Indonesia Gratis, Momonosuke Jatuh ke Laut, Luffy Masih Hidup Aliansi Semangat

Direktur Utama PT Len Industri Bobby Rasyidin menjelaskan, “PT Len Industri akan menjadi lead integrator BUMN Indhan dan sebagai brainware alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang digunakan oleh TNI, baik matra darat, laut maupun udara. Sehingga sangat dibutuhkan kolaborasi yang kuat antar anggota BUMN Indhan, yaitu Len Industri, Pindad, Dirgantara Indonesia, Dahana dan PAL Indonesia.”

Berbeda dengan BUMN pertahanan lain yang berfokus pada kemandirian dalam memproduksi alutsista dan amunisi, PT Len Industri di dalam holding BUMN Indhan berperan menjadi sistem integrator dari alutsista-alutsista tersebut. Baik itu alutsista baru hasil produksi dalam negeri, luar negeri, maupun alutsista yang sudah ada di TNI.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah