Kopi Jabar Diminati Pasar Ekspor, Nilai Ekspor Hingga 40 Juta Dollar AS

- 28 Januari 2022, 19:19 WIB
Ilustrasi Kopi. Kualitas kopi Jawa Barat mulai dilirik pasar internasional. Hal tersebut diuktikan dengan nilai ekspor kopi Jawa Barat hingga 2021 mencapai 40 juta dollar AS.*
Ilustrasi Kopi. Kualitas kopi Jawa Barat mulai dilirik pasar internasional. Hal tersebut diuktikan dengan nilai ekspor kopi Jawa Barat hingga 2021 mencapai 40 juta dollar AS.* /Couleur/Pixabay

BERITA KBB - Jawa Barat menjadi tuan rumah Cup of Excellence (CoE) 2021, Kamis dan Jumat (27-28/1/2022). CoE merupakan event internasional level paling bergengsi di kalangan industri spesialis kopi yang bertujuan untuk mencari kopi berkualitas tinggi dari sebuah negara penghasil kopi.

Indonesia sebagai negara pertama di Asia yang menyelenggarakan CoE sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu negara produksi kopi terbesar di dunia yang dibuktikan sebagai negara pengekspor kopi peringkat empat dunia di tahun 2021.

CoE akan menjadi pembuka jalan bagi petani kopi Indonesia termasuk Jawa Barat untuk melakukan ekspor dan menjual produk kopi melalui berbagai _marketplace_ dalam jangkauan yang lebih luas dari sebelumnya.

Baca Juga: Gerakan Perekonomian Masyarakat, 1.000 Bibit Pohon Kopi Ditanam di Desa Ciporeat Kabupaten Bandung

Selain itu, melalui acara ini diharapkan pasar domestik penjualan kopi menjadi semakin berkembang dan kuat untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Terpilih 32 kopi dari berbagai daerah di Indonesia sebagai CoE Winners, 10 di antaranya merupakan kopi dari Jawa Barat.

Secara rinci, 26 kopi dinobatkan sebagai CoE Winners, merupakan kopi dengan raihan _cupping score_ minimal 87, dan enam jenis kopi lainnya memiliki memiliki rentang _cupping score_ 85 - 86,99 dan berstatus sebagai National Winners.

Baca Juga: Auto Sultan, Inilah Gaji Zinidin Zidan yang Punya Nama Beken 'Kopi Panas'

Selanjutnya, ke-32 jenis kopi tersebut akan mengikuti lelang internasional secara virtual. Hingga saat ini, tercatat 120 pembeli potensial dari 27 negara telah terdaftar untuk mengikuti proses lelang.

Sepuluh dari ke 32 CoE Winners ini adalah kopi dari Jawa Barat, dua di antaranya berasal dari kopi Wanoja dan satu dari kopi Mahkota, Garut yang telah mengimplementasikan budidaya kopi berbasis konservasi alam atau yang disebut agroforestry.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x