Peringati 74 Tahun Ereveld Pandu, Warga Bisa Nikmati Sejarah Lewat Pameran Foto

- 7 Maret 2022, 19:52 WIB
Seorang pengunjung mengamati foto yang dipamerkan pada pameran foto di Pemakaman Ereveld Pandu, Senin, 7 Maret 2022.
Seorang pengunjung mengamati foto yang dipamerkan pada pameran foto di Pemakaman Ereveld Pandu, Senin, 7 Maret 2022. /Humas Kota Bandung/

BERITA KBB - Komite Peringatan Bersama Belanda - Indonesia dengan Oorlogs Graven Stichting menggelar pameran foto di Pemakaman Ereveld Pandu. Pameran ini diselenggarakan dalam rangka merayakan 74 tahun diresmikannya Ereveld Pandu.

Ada 15 foto yang ditampilkan dalam pameran ini. Sebanyak 15 foto tersebut menampilkan nuansa hitam putih yang dramatis.

Sebagai informasi, Ereveld Pandu adalah pemakaman kehormatan bagi korban Perang Dunia II. Di pemakaman ini, terdapat 4.000 nama dengan 3.800 nisan tertulis yang berasal dari warga Belanda dan Indonesia yang menjadi korban Perang Dunia II.

Baca Juga: Brand Lokal Jabar Ukir Sejarah Go Internasional

“Di ulang tahun Ereveld Pandu, kita coba menjelaskan sejarah yang ada di Ereveld Pandu. Foto-foto ini dapat mengekspresikan karena foto lebih dari sekadar kata-kata,” ujar Director Indonesia pada Oorlogs Graven Stichting, Eveline c De Vink, Senin 7 Maret 2022.

Pameran ini dibuka pada Senin 7 Maret 2022 dan diselenggarakan sepanjang bulan Maret.

Dibuka untuk umum, masyarakat khususnya warga Kota Bandung diperbolehkan mengunjungi pameran ini setiap harinya mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Baca Juga: Disebut Mirip Dengan Logo Captain Marvel, Ternyata Ini Sejarah Dibalik Logo Bintang Milik Gatotkaca

Karya foto yang dipamerkan coba menggambarkan keadaan dan juga menjawab pertanyaan sejarah yang menyoal apa saja yang terjadi sepanjang Perang Dunia II. Khususnya agresi militer Belanda ke Indonesia sepanjang 1947 hingga 1949.

“Ini merupakan pameran pertama yang kami selenggarakan dalam rangka memperingati diresmikan Ereveld Pandu,” tambah Eveline.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x