Paling Taat se-Jabar, 90 Persen Warga Kota Bandung Taat Bayar Pajak

- 11 April 2022, 22:28 WIB
Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengajak warga Kota Bandung untuk taat membayar pajak. Ajakan itu disampaikannya saat membagikan takjil di Alun-alun Bandung, Sabtu 9 April 2022.
Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengajak warga Kota Bandung untuk taat membayar pajak. Ajakan itu disampaikannya saat membagikan takjil di Alun-alun Bandung, Sabtu 9 April 2022. /Humas Kota Bandung/

BERITA KBB - Warga Kota Bandung menjadi warga paling taat membayar pajak di wilayah Jawa Barat. Sekitar 90 persen warga Kota Bandung, taat menunaikan kewajibannya.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung II Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat, Ade Sukalsah saat bersilaturahmi ke Balai Kota Bandung, Senin, 11 April 2022.

"Rata-rata yang menunggak itu ada 10 persen. Sudah bisa dibilang Kota Bandung ini tingkat taat pajaknya bagus. Malah paling kecil (penunggaknya) se-Jawa Barat," aku Ade.

Baca Juga: Makin Pening! 'Bangun Rumah Sendiri' Saat ini Kena Pajak Dari Negara

Untuk meningkatkan sadar pajak di Kota Bandung, Ade menjelaskan beberapa langkah yang telah diambil Bapenda Jabar. Salah satunya kembali melakukan penelusuran door to door melalui operasi gabungan dan operasi terpadu.

"Layanan juga kita tambah, lewat Mal Pelayanan Publik (MPP), ada juga Gerai Pelayanan Publik (GPP). Kegiatan insidental seperti samsat sore juga kita lakukan. Seluruh kegiatan intensifikasi ini untuk mengurangi tunggakan yang terjadi," paparnya.

Ade mengaku juga telah bekerja sama dengan seluruh kecamatan di Kota Bandung. Sehingga penelusuran bisa dilakukan sampai ke wilayah-wilayah terpencil.

Baca Juga: Bapenda Kapendak, Program Pemutakhiran Data Wajib Pajak Kendaraan Diluncurkan

"Penelusuran ini juga didukung dengan perangkat Samsat Gendong. Itu perangkat dengan tas digendong sambil naik motor untuk masuk ke daerah pelosok-pelosok yang sulit diakses samsat mobil," jelas Ade.

Beberapa pajak yang ditarik Bapenda Jabar di antaranya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x