Semangat Kartini, Ini Sederet Pemimpin Perempuan di Pemkot Bandung

- 21 April 2022, 11:13 WIB
Kumpulan Ucapan atau Quote Selamat Hari Kartini 21 April 2022
Kumpulan Ucapan atau Quote Selamat Hari Kartini 21 April 2022 /Pixabay/@arivleone

BERITA KBB - Pada era digital dan serba modern seperti saat ini, rasanya sudah tak ada lagi sekat antara laki-laki dan perempuan dalam berpendapat juga memegang kebijakan. Siapapun bisa dan boleh berada di pucuk-pucuk peran, termasuk perempuan.

Melalui perjuangan RA Kartini, sampai saat ini akhirnya kaum perempuan bisa memperoleh kesempatan yang sama dengan kaum lelaki. Tak lagi dilabeli sebagai sosok yang hanya bisa beraktivitas di 'dapur, sumur, kasur'.

Di tataran pemerintahan pun, banyak perempuan yang mengambil perannya. Bahkan menjadi pemimpin untuk mengambil kebijakan. Termasuk di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, mulai dari struktur di kecamatan hingga kepala dinas.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Hari Kartini 2022 Tanpa Watermark dengan Desain yang Keren!

Salah satunya Elly Wasliah, seorang perempuan yang menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung.

Sembilan tahun menjabat sebagai kepala dinas, Elly tak pernah merasa sulit untuk memimpin meski ia seorang perempuan.

"Dulu enam tahun jadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung. Sekarang sudah tiga tahun jadi Kadisdagin. Alhamdulillah semua rekan-rekan dan keluarga mendukung. Tidak ada yang underestimate karena kita ini sosok perempuan ya," ungkap Elly kepada Humas Kota Bandung.

Baca Juga: Sejarah Hari Kartini dan Perjuangan Emansipasi Wanita yang Dilakukannya

Baginya, ada satu prinsip yang membuat ia tetap optimis untuk menjalankan peran sebagai seorang pemimpin, yakni sebuah hadis yang berbunyi: Khairunnas anfauhum linnas

"Di Islam itu kita diajarkan, sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain dalam kebaikan. Saya selalu mempunyai satu dorongan semangat, dimanapun saya ditempatkan, saya harus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat Kota Bandung," jelasnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah