Keluar Masuk Jabar? Manfaatkan Aplikasi SiManis

- 27 April 2022, 16:13 WIB
Sejumlah pemudik menunggu jadwal keberangkatan bus program mudik gratis DKI Jakarta di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022).  Pemprov DKI Jakarta menyediakan 292 bus yang membawa warga mudik Lebaran 1443 H dengan tujuan Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Sejumlah pemudik menunggu jadwal keberangkatan bus program mudik gratis DKI Jakarta di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2022). Pemprov DKI Jakarta menyediakan 292 bus yang membawa warga mudik Lebaran 1443 H dengan tujuan Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa. /Antara/Fakhri Hermansyah

BERITA KBB - Dinas Perhubungan Jabar menyiapkan aplikasi khusus untuk melayani pemudik baik yang akan keluar atau masuk ke wilayah Jabar. Termasuk informasi seputar kondisi jalan dan destinasi wisata di Jabar.

Simanis atau Sistem Informasi Jalan dan Wisata (SiManis) menyajikan jalur mudik di seluruh wilayah Jabar, termasuk jalur alternatif, jadwal keberangkatan kereta api, pesawat terbang, hingga informasi seputar terminal.

Kemudian menampilkan tujuan wisata termasuk kapasitas pengunjung lokasi wisata yang diperbarui setiap satu jam sekali.

Baca Juga: Hadapi Arus Mudik, Stasiun dan Bandara di Kota Bandung 100 Persen Siap Layani Pemudik

Khusus pemudik yang masuk Bandung Raya, bisa memantau kemacetan secara live streaming. Pemudik tinggal klik kotak hijau 'Pantau CCTV' dan langsung diarahkan ke 62 kamera pengawas yang diinginkan. Pemudik juga bisa mengetahui kondisi lalu lintas jalan melalui video reportase petugas dan hasil rekaman netizen yang direkap.

Aplikasi ini hasil kolaborasi Dishub Jabar, Jabar Digital Service Diskominfo Jabar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Kementerian Perhubungan, serta pengelola jalan tol yang dapat menjadi panduan pemudik tahun ini dan diakses melalui: https://simanis-dishub.jabarprov.go.id/

"Masyarakat dapat memanfaatkan SiManis untuk memantau pergerakan kendaraan saat mudik, sehingga bisa membuat perencanaan waktu dan jalur yang aman dan nyaman untuk dilalui," ujar Kadishub Jabar A. Koswara dalam acara Jabar Punya Informasi di Gedung Sate, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga: Ada 3 Hal Disiapkan Dishub Kota Bandung untuk Hadapi Mudik Lebaran

Koswara menyatakan sekitar 14,9 juta pemudik diperkirakan akan masuk wilayah Jabar. Sementara yang keluar Jabar mencapai 9,2 juta orang. Artinya akan ada penambahan sekitar 5,7 juta warga yang masuk ke Jabar yang akan diikuti mobilitas kendaraan dari berbagai aktivitasnya.

Kendaraan yang akan digunakan pemudik akan didominasi oleh kendaraan pribadi, baik mobil ataupun motor.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x