Ratusan Siswa SMP Darul Hikam Kirim Doa dari Bandung untuk Eril Putra Ridwan Kamil

- 3 Juni 2022, 11:38 WIB
Sejumlah siswa SMP Darul Hikam melaksanakan solat gaib, di Masjid Darul Hikam, Kota Bandung, Jumat, 3 Juni 2022.
Sejumlah siswa SMP Darul Hikam melaksanakan solat gaib, di Masjid Darul Hikam, Kota Bandung, Jumat, 3 Juni 2022. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Duka masih menyelimuti keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Putra tercintanya, Emmeril Khan Mumtadz belum ditemukan setelah tenggelam saat berenang di Sungai Aare, Swiss, Kamis 26 Mei 2022 lalu.

Melalui surat edaran MUI Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya selaku orang tua Eril menyatakan telah mengikhlaskan putranya meninggal dunia karena tenggelam.

Selain itu, dalam surat tersebut juga tercantum keterangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss, bahwa otoritas setempat telah mengubah status Emmeril Khan Mumtaz dari yang awalnya orang hilang (missing person) menjadi orang yang tenggelam (drowned person).

Baca Juga: Seruan MUI Provinsi Jawa Barat Gelar Sholat Jenazah Untuk Eril, Berikut Tata Caranya

"Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang dicari dimungkinkan telah meninggal dunia," tulis keterangan dalam surat tersebut.

Dengan memperhatikan keterangan dari pihak keluarga dan memperhatikan ketentuan syara', maka jenazah harus disalatkan. Namun, karena jenazah Eril belum ditemukan, maka salat jenazah dilakukan dengan cara salat gaib.

Mengacu pada surat tersebut, seluruh masjid dan musala di Jawa Barat diintruksikan untuk melakukan salat gaib dengan waktu sebelum atau sesudah salat Jumat.

Baca Juga: Ridwan Kamil Melantunkan Adzan Berharap Eril Mendengarnya, Juga Sebilah Kayu Yang Dibawa Saat Menyisir Sungai

Di Kota Bandung, salat gaib untuk Emmeril Khan akan dilaksanakan setelah waktu salat Jumat meskipun ada beberapa masjid yang sudah melaksanakannya tadi pagi, diantaranya Masjid Darul Hikam yang diikuti ratusan siswa Darul Hikam.

Kepala Sekolah SMP Darul Hikam Yudianto menyatakan bela sungkawa yang sebesar-besarnya karena Eril merupakan salah satu alumni Darul Hikam.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x