Wisata Sejarah dan Literasi Bung Karno di Gedung Indonesia Menggugat

- 9 Juni 2022, 14:05 WIB
Pengunjung membaca buku yang dipamerkan pada pameran Buku Bung Karno, di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Kamis, 9 Juni 2022.
Pengunjung membaca buku yang dipamerkan pada pameran Buku Bung Karno, di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Kamis, 9 Juni 2022. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Ada pameran buku menarik nih di Gedung Indonesia Menggugat. Dibuka sejak 6 Juni 2022, kita bisa menelusur perjalanan sang Bapak Bangsa, Soekarno.

Humas Bandung punya kesempatan mampir ke pameran ini, Selasa 9 Juni 2022. Di sini, terdapat 81 buku dan beberapa foto sejarah perjalanan Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Buku-buku tersebut antara lain mengisahkan perjuangan Bung Karno di Penjara Banceuy, romansa dengan Ibu Inggit Garnasih, serta berbagai perjuangan Bung Karno semasa hidup.

Baca Juga: Direktur DNA Pro Ditangkap Di Bandara Soekarno Hatta, Total Tersangka Terus Bertambah

"Haul Bung Karno memang selalu jadi kegiatan rutin di Gedung Indonesia Menggugat. Kami menggandeng sejumlah komunitas untuk menggelar pameran atau kegiatan untuk mengingat jasa-jasa Bung Karno," ujar Dede Ahmad selaku Juru Pelihara dan Pemandu Gedung Indonesia Menggugat.

Memasuki hari keempat, Dede menyebut pameran ini disambut antusias, khususnya oleh pecinta sejarah di Kota Bandung.

Akan tetapi, karena pameran diselenggarakan dalam situasi pandemi Covid-19, pengelola Gedung Indonesia Menggugat masih membatasi kunjungan.

Baca Juga: Bos DNA Pro Eliazar Daniel Piri Ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta

"Sekitar 80 orang pengunjung (pameran). Mereka dari kalangan mahasiswa banyaknya," kata Dede.

Pada peringatan hari lahir Bung Karno tahun ini, Gedung Indonesia Menggugat menggandeng beberapa komunitas, di antaranya: Mataholang Officieel, Manikam Khatulistiwa, Majelis Sastra, dan pegiat sejarah lainnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x