Ono Surono Sebut Hari Sumpah Pemuda Sebagai Refleksi Gagasan Semangat Sumpah Pemuda dan Kiprah Berbhineka

- 28 Oktober 2022, 14:34 WIB
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono /Istimewa/

BERITA KBB - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono menyampaikan Hari Sumpah Pemuda (HSP) 28 Oktober 1928 merupakan momentum generasi muda unjuk diri sebagai garda terdepan perubahan. 

Perhelatan Sumpah Pemuda yang menggaung ke seluruh Nusantara merupakan gerakan nyata membuka harapan-harapan baru Indonesia. 

"Momen Sumpah Pemuda ini menyeru kepada setiap insan bangsa tentang pentingnya memiliki identitas kebangsaan, teritorial yang berdaulat di atas tanah air sendiri dan mengusung bahasa persatuan seluruhnya dikemas dalam semangat ke-Indonesia-an," kata Ono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/10/2022). 

Baca Juga: Sisca Kohl Panggil Jess No Limit 'SUAMIKU', Banjir Ucapan Happy Wedding

Ono mengatakan di masa yang rentan, Indonesia hidup dalam incaran dunia untuk dijadikan bagian dari hegemoni imprerealisme. 

Menurutnya, mereka yang berebut kekuasaan karena alasan perluasan (baca: ekspansi) atas nama ideologi dunia secara sepihak, seolah setiap negara harus menjadi bagian dari apa yang orang sedang gandrungi mengenai ideologi saat itu. 

"Indonesia nyaris masuk dalam cengkraman paham-paham luar yang belum tentu cocok dengan keadaan dan kultur kehidupan bangsa Indonesia. Rentetan nama negara yang melakukan ekspansi yang ujung-ujungnya adalah melakukan pendudukan wilayah dan kekuasaan, mulai dari Inggris, Portugis, Perancis, Belanda, Jepang, Turki bahkan Amenika Serikat sekalipun yang masuk berboncengan dengan sekutu-sekutunya, memiliki minat yang kuat untuk menguasai Indonesia," paparnya.

Baca Juga: Olla Ramlan Beri Support Ke Nikita Mirzani: semoga cepet selesai apapun itu masalahnya...

Ono menegaskan, Sumpah Pemuda memang mendobrak, sehingga muncul kesadaran disana-sini mengenai arti pentingnya kemerdekaan. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah