Mau Tahu Pilihan Kepala Daerah Generasi Muda Kota Bandung? Ini Dia!

- 23 Agustus 2023, 21:10 WIB
Rilis survei bertajuk Peta Dukungan Gen Y dan Z Kota Bandung Menjelang Pemilihan Walikota Bandung 2024, Rabu (23/8/2023).
Rilis survei bertajuk Peta Dukungan Gen Y dan Z Kota Bandung Menjelang Pemilihan Walikota Bandung 2024, Rabu (23/8/2023). /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Nama istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya, menjadi salah seorang kandidat kuat calon walikota Bandung pada pemilihan kepala daerah serentak 2024 di kalangan generasi Y dan Z.

Berdasarkan hasil survei Indonesia Politics & Research Consulting elektabilitas Atalia berada di angka 25,2 persen, disusul M Farhan 9 persen. Menyusul dibawanhnya pesohor Raffi Ahmad (3,6 persen), Budi Dalton (3,4 persen), dan Nurul Arifin (3,0 persen).

“Kenapa nama Atalia berada paling pertama? Karena bagaimanapun Atalia tidak bisa dilepaskan dari sosok Ridwan Kamil. Selain itu, baik Atalia maupun Ridwan Kamil cukup rajin bermain di media sosial, sehingga generasi muda lebih mengetahui,” ujar Manajer Riset IPRC Indra Purnama, dalam rilis survei bertajuk Peta Dukungan Gen Y dan Z Kota Bandung Menjelang Pemilihan Walikota Bandung 2024, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga: BMKG: Hujan dan Angin Kencang Masih Berpotensi Terjadi di Jawa Barat dan Banten 24-25 Agustus 2023

Dalam survei yang dilakukan terhadap 880 orang di 30 kecamatan Kota Bandung dengan metode penarikan sampel melalui multistage random sampling, dengan margin of error rata-rata sebesar ± 3,2 pada tingkat kepercayaan 95 persen, mayoritas generasi Y dan Z sebesar 71 persen mengetahui pelaksanaan Pemilu 2024. 

“Angka tersebut menunjukan kemungkinan atas partisipasi pemilih generasi Y&Z akan meningkat pada 2024 mendatang,” katanya. 

Pada kesempatan sama, Direktur Eksekutif IPRC Firman Manan menjelaskan, survei tersebut menyasar generasi muda lantaran mereka memiliki peran elektoral signifikan sebagai pemilih dengan jumlah terbanyak di pilkada 2024.

Baca Juga: BMKG: Hujan dan Angin Kencang Masih Berpotensi Terjadi di Jawa Barat dan Banten 24-25 Agustus 2023

“Generasi muda ini cenderung aktif dalam model partisipasi non elektoral, isu-isu tunggal, isu-isu konkret, dan efektivitas aktivitas. Generasi muda juga menggunakan media baru sebagai kanal aktivitas politik,” jelasnya. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x