Masyarakat Berpenghasilan Rendah Tak Memungkinkan Membangun Rumah di Kota Bandung

- 15 September 2023, 14:38 WIB
Masyarakat Berpenghasilan Rendah Tak Memungkinkan Membangun Rumah di Kota Bandung
Masyarakat Berpenghasilan Rendah Tak Memungkinkan Membangun Rumah di Kota Bandung /Free-Photos/pixabay/

 

 

BERITA KBB -  Kota Bandung merupakan salah satu kota besar di Jawa Barat yang memiliki banyak daya tarik, baik dari segi wisata, pendidikan, bisnis, maupun budaya. Namun, di balik pesonanya, Kota Bandung juga menghadapi masalah klasik yang dialami oleh kota-kota metropolitan lainnya, yaitu ketersediaan lahan yang semakin terbatas.

Lahan yang sempit ini tentu berdampak pada kebutuhan perumahan bagi masyarakat, terutama masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung tahun 2020, jumlah penduduk Kota Bandung mencapai 2.575.478 jiwa, dengan tingkat kepadatan 14.583 jiwa per kilometer persegi. Sementara itu, menurut data Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Bandung tahun 2019, kebutuhan rumah bagi MBR di Kota Bandung mencapai 200.000 unit.

Namun, realitasnya, pembangunan rumah untuk MBR di Kota Bandung sangat sulit dilakukan, karena harga tanah yang sangat mahal dan keterbatasan lahan yang tersedia. Hal ini diakui oleh Ketua DPD Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Jabar 2023-2027 Yudho Arlianto, yang mengatakan bahwa Kota Bandung tidak memungkinkan lagi untuk menjadi lahan pembangunan rumah untuk MBR3.

 Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain Gadis Si Batu Menangis Jumat 15 September 2023 Pukul 14.45 WIB

“Kecuali kalau kita mau main building atau apartemen mungkin saat ini juga masih menjadi opsi,” kata Yudho dalam Musda DPD Himperra Jabar, Kamis malam (14/9/2023).

 

Yudho menjelaskan bahwa Jabar merupakan provinsi yang menyerap MBR terbesar secara nasional, dengan serapan mencapai 30 persen setiap tahunnya. Namun, lahan di Jabar pun terbatas dan tidak semua kota atau kabupaten dapat dibangun MBR seperti Kota Bandung.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x