Pemilu Kondusif, Pemkot Bandung Optimis Para Pemilih Sudah Melek Politik

- 24 Januari 2024, 14:54 WIB
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung optimis kontestasi akbar pemilihan umum (pemilu) di Kota Bandung akan berjalan dengan kondusif
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung optimis kontestasi akbar pemilihan umum (pemilu) di Kota Bandung akan berjalan dengan kondusif /istimewa/

BERITA KBB - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung optimis kontestasi akbar pemilihan umum (pemilu) di Kota Bandung akan berjalan dengan kondusif. Bahkan, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengaku jika para pemilih di Kota Bandung sudah melek politik.

"Success story 5 tahun lalu, partisipasi pemilih di Kota Bandung sudah luar biasa, mencapai 87 persen. Ini tidak mudah untuk skala kota besar. Ini mencerminkan para pemilih kita sudah dewasa dan melek dalam berpolitik," ungkap Ema seusai acara Bandung Menjawab, Selasa 23 Januari 2024.

Tentunya hal tersebut bukan diraih dengan instan. Banyak upaya yang telah dilakukan Pemkot Bandung untuk meningkatkan kesadaran dalam aspirasi politik.

Baca Juga: Awasi Potensi Konflik Sosial, Seluruh Pihak Wajib Kawal Pemilu Damai

Ema menjelaskan, pihaknya telah memenuhi kebutuhan daya dukung bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebesar Rp130 miliar yang digelontorkan pada 2 tahun anggaran.

"Total jumlah APBD untuk KPU dan Bawaslu mencapai Rp130 miliar yang kita eksekusi pada 2 tahun anggaran. Sekitar 40 persen cair di tahun 2023. Lalu, 60 persen sudah dicairkan tahun 2024," jelasnya.

Selain itu, edukasi dan sosialisasi pun rutin dilakukan terutama bagi pemilih pemula yakni generasi milenial dan Z. Sebab, lebih dari 50 persen pemilih di Kota Bandung didominasi oleh dua generasi tersebut.

Baca Juga: Tiga Pekan Jelang Pemilu, Pj Wali Kota Bandung Tegaskan Netralitas ASN Sebagai Keharusan

Ia juga mengaku telah berkolaborasi bersama stakeholder lain untuk meningkatkan kesadaran politik pemilih pemula melalui serangkaian kegiatan salah satunya melalui Kemah Politik.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x