Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Ini Langkah Efektifnya!

- 27 Juni 2024, 06:11 WIB
Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono
Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono /istimewa/

BERITA KBB - Keluarga dapat menjadi pencegahan yang paling efektif dalam meminimalisir terjadinya penyalahgunaan narkoba.

Untuk itu Pemkot Bandung menggagas gerakan 30 menit parenting guna menumbuhkan komunikasi efektif antara orangtua dan anak.

Hal tersebut diungkapkan Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono saat menghadiri peresmian Patung Kesatria Bersinar dalam rangka Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional di Taman Super Hero, Rabu 26 Juni 2024.

Baca Juga: Kota Bandung Bakal Punya Pusat Rehabilitasi Narkoba

"Pemerintah kota akan menggagas yang namanya sebuah Gerakan 30 Menit Parenting. Ketahanan keluarga dan komunikasi efektif antara orang tua dengan anak menjadi satu di antaranya beragam upaya pencegahan penggunaan narkoba yang sedang kita kembangkan," kata Bambang.

Menurut data, angka prevalensi narkoba di kota bandung terjadi penurunan dari tahun 2021-2023. Namun angka prevalensi nya masih cukup tinggi yakni sekitar 1,73 persen tahun 2023 dari usia produktif 15 tahun sampai 60 tahun.

"Ini angka yang cukup tinggi di Kota Bandung. Oleh karenanya memerangi narkoba adalah perangi dalam konteks pencegahan dan juga perang dalam konteks penanganan," ungkapnya.

Baca Juga: Diduga Positif Narkoba 8 Orang Digiring Polres Garut, Ratusan Botol Miras juga 22 Preman Diamankan

Menurutnya, ketahanan keluarga menjadi hal yang dominan. Fenomena yang terjadi, komunikasi antara orang tua dan anak berkurang akibat makin berkembangnya teknologi.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah