KPH Bandung Utara Ingatkan 42 Titik Pengelola Wisata Agar Waspadai Cuaca Ekstrem yang Bahayakan Pohon Tumbang

- 6 Januari 2023, 06:47 WIB
KPH Bandung Utara Ingatkan 42 Titik Pengelola Wisata Agar Waspadai Cuaca Ekstrem yang Bahayakan Pohon Tumbang
KPH Bandung Utara Ingatkan 42 Titik Pengelola Wisata Agar Waspadai Cuaca Ekstrem yang Bahayakan Pohon Tumbang /Miradin Syahbana /

BERITA KBB-Waka Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Harry Soediana mengingatkan 42 titik pengelola wisata agar mewaspadai adanya bahaya pohon tumbang selama cuaca ekstrem. 

Menurut Harry, seperti diketahui bahwa pada masa libur di akhir tahun lalu saat curah hujan tinggi dan disertai angin kencang yang khawatirnya ada pohon roboh.

"Untuk antisipasinya jika terjadi cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai angin kencang pengelola wisata bisa menutup sebentar hingga reda," ujarnya. 

Dia menambahkan, untuk mengganti pohon yang roboh, sepanjang tahun 2022 pihaknya telah menanam pohon baru di total luas 53,63 hektare.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV Cinta Mbak Kuli Terasa Sampai di Sini, Ada Yuriska Patricia dan Qausar Harta Yudana

" Seperti di antaranya di wilayah Cikalongwetan dan Cipeundeuy, KBB, dengan tanaman Jati, Mahoni, dan Pinus," katanya.

Dia menambahkan, pohon yang sudah tua dan keropos di kawasan Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan sepanjang Jalan Tangkuban Parahu disarankan untuk dirobohkan. Pasalnya keberadaan ratusan pohon tersebut membahayakan dan rawan tumbang yang bisa mencederai wisatawan atau pengguna jalan.

"Sebelumnya sudah ada rapat koordinasi Forkopimcam Lembang, BPBD KBB, dan Perhutani beberapa waktu lalu. Kemudian hasil berita acaranya agar pohon yang rawan tumbang dirobohkan dan sudah ditindaklanjuti secara bertahap," kata Harry, Kamis 5 Januari 2023. 

Pihaknya bersama cabang dinas kehutanan telah melakukan pengecekan bersama khususnya ke Hutan Lindung Cikole BKPH Lembang.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x