Ada Formula E Akhir Pekan Ini, Simak 3 Skema Rekayasa Lalu Lintas yang Akan Berlaku di Kawasan Ancol Berikut

- 3 Juni 2023, 15:56 WIB
Polda Metro Jaya mengalihkan tiga jalur kendaraan demi kelancaran gelaran Formula E.
Polda Metro Jaya mengalihkan tiga jalur kendaraan demi kelancaran gelaran Formula E. /
 

Berita KBB - Bagi Anda yang akan berakhir pekan atau harus lewat kawasan Ancol Jakarta, ada informasi mengenai rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan selama gelaran Formula E berlangsung di JIEC pada Sabtu-Minggu 3-4 Mei 2023.

Demi kelancaran perjalanan menuju kawasan Ancol dan menghindari kebingungan yang menyebabkan pelanggaran lalu lintas, simak informasi rekayasa lalu lintas di kawasan Ancol berikut ini.

Dilansir PMJ News Sabtu 3 Juni 2023, Polda Metro Jaya menyiapkan tiga rekayasa lalu lintas di kawasan Ancol selama Formula E berlangsung. Hal ini demi kondusifnya arus lalu lintas di sekitar lokasi JIEC.

Baca Juga: Idul Adha Jatuh Kamis 29 Juni 2023, Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Haji Lebih Awal, Simak Tanggalnya

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman pada Jumat 2 Juni 2023 kemarin menjelaskan terkait rekayasa lalu lintas di kawasan Ancol. Menurutnya, ketiga skema rekayasa lalu lintas itu disebut dengan situasi hijau, situasi kuning dan situasi merah.


Ketiga situasi itu ditentukan berdasarkan kapasitas parkir pengunjung yang disediakan di area Taman Impian Jaya Ancol.


Dijelaskan Latif, situasi hijau berarti lahan parkir masih cukup untuk menampung kendaraan. Maka dari itu, lalu lintas di kawasan Ancol tetap normal tanpa ada perubahan.


Untuk situasi kuning, lahan parkir di dalam Taman Impian Jaya Ancol sudah penuh dan antrean di pintu masuknya mulai padat pada radius 100-500 meter. Jika hal itu terjadi, maka sebagian jalan di dalam Ancol akan digunakan sebagai lokasi parkir.


Dalam situasi kuning, arus lalu lintas di setiap pintu masuk Ancol akan dialihkan, seperti di Jembatan Hailay, Bintang Mas, Pasir Putih dan Jembatan PLTU arah pintu karnaval. Kendaraan yang parkir akan diarahkan ke kantong parkir cadangan di seputar Kemayoran.


"Dari arah Penjaringan, Lodan Raya - RE Martadinata, dari Arah Gunung Sahari - RE Martadinata. Dari arah tol, keluar Ancol barat ditutup, dialihkan ke arah Kemayoran," tuturnya.


Sementara dalam situasi merah, parkiran di dalam dan luar Ancol sudah penuh sesak dengan kendaraan, dan jalan di kawasan Ancol macet tidak bergerak dalam radius 1 kilometer.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x