Perdalam Sains dan Teknologi, Ratusan Siswa se-Jabar Ikuti Stem Camp Darul Hikam

- 19 Februari 2024, 22:43 WIB
Peserta mengikuti pelatihan membuat roket air, di Stem Camp Darul Hikam, Sabtu, 4 Februari 2024.
Peserta mengikuti pelatihan membuat roket air, di Stem Camp Darul Hikam, Sabtu, 4 Februari 2024. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Darul Hikam Integrated School (DHIS) Secondary Lembang dan SMP-SMA Darul Hikam Berasrama menggelar kegiatan Stem Camp dengan tema 'Menyelami Sains dan Teknologi dalam Islam untuk Siswa Indonesia Berkahlak Berprestasi', Sabtu (17/2/2024). Kegiatan tersebut diikuti 100 siswa SD dan SMP se-Jabar

Kepala Sekolah DHIS Secondary Lembang Binar Kasih Sejati mengungkapkan, kegiatan tersebut berisi latihan kemandirian dan melaksanakan Stem (Science, Technology, Engineering and Mathematic) dengan tema besar yakni Hydro (air).

"Stem Camp dengan tema besar Hydro (air) merupakan latihan untuk meningkatkan kemandirian dan keterampilan siswa sekaligus mengasah keterampilan berfikir dan kolaborasi," ucap Binar saat ditemui disela-sela kegiatan, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Maknai Isra Mi'raj Ratusan Siswa TK Darul Hikam Bandung Jalan Kaki dari Cisitu ke Dago

Binar menjelaskan, peserta yang ikut Stem Camp berasal dari 29 sekolah di Jabar terdiri dari SD Kelas V dan VI serta SMP Kelas VIII dan IX. Mereka didukung untuk meningkatkan kreativitas dan kemandirian dengan mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari workshop konten kreator hingga membuat karya sains berupa roket air sederhana dari bekas botol air mineral.

"Ada 100 peserta. Mereka berkarya disini, belajar dan berkembang," tuturnya.

Binar menambahkan, sesi yang paling ditunggu adalah pembuatan roket air. Dalam satu kelompok terdiri dari 6 orang. Setiap siswa secara tidak langsung dilatih motorik membuat roket air agar bisa meluncur dan mencapai target yang sudah dtentukan.

Baca Juga: Isi Seminar Sparkling Sharing Parenting SMP Darul Hikam, Sodik Mudjahid Ajak Perkuat Ketahanan Keluarga

"Nanti dipilih 4 juara, meliputi roket terbaik, video terbaik dan peserta terbaik dan akan mendapat reward. Namun, secara experience ini merupakan kerja kelompok untuk membangun kebersamaan," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Stem Camp, Sofia Malika Keiko menuturkan, pesan yang ingin disampikan dalam Stem Camp yaitu mengasah kreativitas dan melatih kekompakan bersama tim serta memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar, seperti pembuatan roket air.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x