Apa Saja 3 Keunggulan Ekonomi Jawa Barat Saat Pandemi yang Harus Dipertahankan? Simak Disini

- 20 Oktober 2021, 06:16 WIB
Pertumbuhan ekonomi Jabar pada 2021
Pertumbuhan ekonomi Jabar pada 2021 /Pikiran rakyat/

BERITA KBB - Jawa Barat harus mempertahankan tiga keunggulan kondisi ekonomi saat pandemi. Pertama kinerja ekspor, investasi, serta manufaktur.

Itu kata Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Jawa Barat Cucu Saputra dalam Webinar Peran Strategis Jawa Barat Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional yang diselenggarakan Komite Penanggulangan Ekonomi Daerah (KPED), di Kota Bandung, Senin, 18 Oktober 2021.

Menurut Cucu, predikat Jabar sebagai provinsi dengan kontribusi ekspor terbesar nasional harus dipertahankan, yakni USD2,1 juta atau 17,87 persen ekspor nasional. Kemudian, kontribusi investasi terbesar nasional dengan Rp72,46 triliun atau 19,10 persen. Ketiga, kontribusi indutri manufaktur terbesar di Indonesia dengan 28,17 persen.

Baca Juga: Apa Saja Arah Ekonomi Baru Jawa Barat Pasca Pandemj Covid-19? Simak Paparannya

“Kita tidak bisa berdiam diri, tidak hanya menjaga keunggulan itu tapi meningkatkan capaian tersebut,” ujar Cucu Saputra.

Ia menyarankan untuk mendongkrak itu beberapa sektor penting harus dijaga dan diberi kebebasan yakni sektor pertanian, peternakan, perikanan, sektor UMKM, serta sektor pariwisata yang notabene jadi unggulan Jawa Barat.

“Bagaimana peran strategis ini bisa dilaksanakan atau bisa disinergikan, artinya peran serta seluruh masyarakat masyarakat dunia usaha ini penting kolaborasi,” katanya.

Baca Juga: Tingkatkan Kerjasama dengan Australia, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Paparkan Potensi Ekonomi Jabar

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat Noneng Komara menuturkan realisasi investasi semester 1/2021 Jabar mencapai Rp72,5 triliun.

Meliputi penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan penanaman modal asing (PMA) sebesar 16 persen dari nilai realisasi investasi nasional, atau sebanding dengan 71,10 persen target rencana strategis DPMPTSP sebesar Rp101,97 triliun.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah