Tingkatkan Kapabilitas Digital Nasional, Jaringan 5G Telkomsel Bidik Bidang Industri dan Pendidikan

- 18 Februari 2022, 20:53 WIB
General Manager Network Service Assurance Jawa Barat PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Danang Prakoso menyampaikan pemaparan pada konferensi pers Telkomsel Regional Jabar di Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/2/2022).
General Manager Network Service Assurance Jawa Barat PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Danang Prakoso menyampaikan pemaparan pada konferensi pers Telkomsel Regional Jabar di Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/2/2022). /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Sebagai upaya meningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor-sektor unggulan, Telkomsel hadir dengan jaringan 5G yang membidik dua sektor yakni industri dan pendidikan. Layanan ini disesuaikan dengan kebutuhan dari ekosistem yang tersedia.

Selain itu, kehadirannya disesuaikan dengan kebutuhan layanan di kawasan tersebut, dimana layanannya telah menyebar di beberapa kota, antara lain Jakarta, Medan, Batam, Makassar, Denpasar, Balikpapan, Surabaya, Solo, dan Bandung.

GM Network Service Assurance Regional Telkomsel Jabar, Danang Prakoso, mengatakan bahwa pihaknya secara bertahap akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, jaringan berkecepatan tinggi, dan latensi rendah, serta mendorong kolaborasi yang makin kuat antar pemangku kepentingan yang memiliki tujuan kuat yang sama dalam melakukan transformasi digit untuk mendukung aktivitas keseharian.

Baca Juga: Samsung Electronics Memecahkan Rekor Kecepatan Unggah 5G

"Komitmen kami selanjutnya adalah memastikan 5G tersedia untuk seluruh masyarakat di Indonesia, baik untuk segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri," kata Danang kepada wartawan di Bandung, Kamis sore (17/2/2022).

Telkomsel 5G secara bertahap dan terukur ini sekaligus mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dengan menghadirkan solusi gaya hidup digital dengan komitmen menghadirkan the best 5G experience yang akan menunjang kemajuan masyarakat.

Danang menyebutkan, berdasarkan perencanaan infrastruktur digital Indonesia, layanan utama dari infrastruktur digital adalah 4G yang kemudian dilengkapi dengan 5G.

Baca Juga: Tantangan dan Peluang Pengaplikasian 5G di Indonesia

"Artinya, ke depan teknologi jaringan 5G ini nantinya akan tersebar dan melayani wilayah-wilayah yang memiliki demand dan potensi tinggi," imbuhnya. 

Salah satunya, pendidikan yang dapat mendukung upaya pengembangan riset yang terukur dan tepat untuk memastikan pemberdayaan teknologi 5G yang tepat guna ke masa mendatang seperti di kawasan kampus Telkom University dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x