Lowongan Pekerjaan, bKawasan Industri Terpadu Batang Jawa Tengah Membutuhkan Ribuan Tenaga Kerja

- 11 Juli 2022, 20:10 WIB
Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) Jawa Tengah memerlukan ribuan tenaga kerja. Dalam beberapa tahun ke depan, kawasan tersebut memerlukan setidaknya 28.000 tenaga kerja terampil.
Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) Jawa Tengah memerlukan ribuan tenaga kerja. Dalam beberapa tahun ke depan, kawasan tersebut memerlukan setidaknya 28.000 tenaga kerja terampil. /IG @kemnaker

 

BERITA KBB - Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) Jawa Tengah memerlukan ribuan tenaga kerja. Dalam beberapa tahun ke depan, kawasan tersebut memerlukan setidaknya 28.000 tenaga kerja terampil.

"Kebutuhan tenaga kerja di sana sekitar 20.000-an orang, dalam jangka panjang bisa 28.000-an orang. Ini yang harus kita siapkan. Bagaimana pekerja lokal tidak jadi penonton, tapi menjadi pekerja di daerahnya sendiri, " kata Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan, Kamis 7 juli 2022.

Menurut dia, pihaknya saat ini konsen mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) lokal agar memenuhi kebutuhan industri di kawasan tersebut. Saat ini, setidaknya sudah ada 10 investor yang siap beroperasi di KITB. Mereka bergerak di berbagai bidang.

Baca Juga: Ditemukan Psnyakit, 369 Kg Jeroan Sapi dan Domba Kurban Dimusnahkan DKPP Kota Bandung

"Kita terus lakukan upaya agar pekerja lokal bisa terserap. Tapi selama ini memang antara kebutuhan dan kesiapan perlu disiapkan. Ini yang terus kita dorong agar mereka punya skil sesuai kebutuhan. Ini proses yang kita dorong agar terjadi mitch mach, " Tuturnya.

Digelarnya FGD ini, kata dia, untuk mengetahui kebutuhan industri. Sehingga nantinya diharapkan tidak mendatangkan pekerja dari jauh.

Mereka harus disiapkan soal softskill, daya tahan, dan lainnya. Nantinya mereka akan dilatih melalui pelatihan BLK, SMK, dan lainnya.

Baca Juga: Lawan Milanese, Inter Milan Pakai Formasi 3-4-1-2 Bukan 3-5-2, Inzaghi Persiapkan Kehadiran Dybala?

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x