Tips Menyimpan Daging Kurban yang Benar Agar Daging Tetap Berkualitas Baik

- 11 Juli 2022, 17:54 WIB
Di momen idul adha ini, umat muslim dapat menyicipi sajian makanan dari daging kurban yang dibagikan. Berikut cara menyimpan daging kurban yang benar dan tidak mudah bau.
Di momen idul adha ini, umat muslim dapat menyicipi sajian makanan dari daging kurban yang dibagikan. Berikut cara menyimpan daging kurban yang benar dan tidak mudah bau. /Pixabay/Ann1992



BERITA KBB- Di momen idul adha ini, tentu menjadi momen yang penuh berkah karena umat muslim dapat saling berbagi daging kurban untuk kemudian diolah menjadi berbagai makanan.

Menyoal daging kurban, sering kali kaum ibu rumah tangga  mengeluhkan bagaimana agar daging kurban tersebut dapat bertahan lama dan tidak menimbulkan bau.

Berikut tips menyimpan daging kurban dengan benar agar tidak mudah bau dan bertahan lama. Bisa kalian coba di rumah agar kualitas daging kurban tetap baik.

Baca Juga: Tetsuya Yamagami Kini Resmi Jadi Tersangka Pembunuhan Berencana Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe

1. Tidak boleh di cuci

Ketika kita menerima daging kurban, usahakan jangan dicuci terlebih dahulu bila akan disimpan untuk waktu yang lama di lemari es. Sebab jika di cuci, bakteri dari daging akan menyebar ke seluruh bagian daging yang lain melalui air yang mengalir, sehingga mudah menyebabkan daging busuk.

2. Daging dipotong sesuai takaran

Potong daging yang diterima dengan ukuran yang lebih kecil atau sesuai dengan takaran yang dibutuhkan.

3. Ruang penyimpanan harus bersih

Freezer harus dalam keadaan bersih dari kotoran atau berbagai makanan lain. Sebab akan mengurangi kualitas daging jika disimpan dalam area kotor.

Baca Juga: PSSI Layangkan Surat Protes Kepada AFF Terkait Vietnam Dan Thailand Main Mata Di Pertandingan Tadi Malam

4. Gunakan wadah dengan tutup rapat dan kedap udara

Wadah yang tertutup akan mencegah daging mengering saat dibekukan di dalam freezer.

5. Bekukan dalam freezer

Daging kurban yang disimpan dalam suhu -17°c akan bertahan hingga 6 bulan. Sementara itu, jika berada di dalam suhu 4°c akan di bertahan 3 hingga 5 hari.

Selamat mencoba.*** 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x