Ingin Ajukan Pinjaman ke Bank? Pastikan Skor Kreditmu Bagus!

- 24 Juli 2022, 16:49 WIB
Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan
Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan /

 

 
 
BERITA KBB - Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman dari bank. Banyak bank diketahui menawarkan mekanisme kredit. Salah satu yang sangat populer adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA).
 
Setiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda mengenai KTA. Namun pada umumnya KTA ditujukan bagi nasabah yang sudah memiliki rekening di bank masing - masing.
 
KTA sendiri merupakan produk perbankan yang sangat populer selain tabungan. 
 
 
Selain KTA, bank juga memiliki dana pinjaman yang menggunakan agunan.
 
Lalu, bagaimana caranya agar pinjaman dana yang kita ajukan bisa cepat disetujui oleh bank? Berikut tipsnya!
 
Untuk mengajukan pinjaman, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan skor kredit bagus. Skor kredit adalah riwayat pinjaman atau kredit yang pernah kamu miliki. Mulai dari kredit rumah, kendaraan, maupun barang-barang elektronik.
 
 
Pada skor kredit, pihak bank akan melihat bagaimana kemampuanmu dalam membayar pinjaman atau cicilan. 
 
Jika dianggap memiliki skor kredit yang bagus, pihak bank tentu akan mempertimbangkan untuk memberikan pinjaman.
 
Sebaliknya, jika skor kredit kamu buruk, pihak bank tentunya tidak akan mengambil risiko memberikan pinjaman karena kamu mempunyai riwayat pembayaran kredit atau cicilan yang buruk.
 
Setiap bank memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda dalam memberikan pinjaman.
 
Namun secara umum, beberapa syarat yang diminta oleh pihak bank dalam memberikan pinjaman dana adalah sebagai berikut:
 
Pihak bank tidak akan mau mengambil risiko memberikan pinjaman dana kepada nasabah jika dinilai tidak sanggup untuk melunasinya.
 
 
Misalnya, kamu hanya memiliki penghasilan Rp5 juta per bulan, namun kamu mengajukan pinjaman senilai Rp500 juta untuk modal berbisnis.
 
Melihat penghasilnmu hanya Rp5 juta, kemungkinan bank sulit memberikan pinjaman dana yang kamu ajukan. Sebab, kemungkinan besar kamu sulit untuk membayar angsurannya.
 
Singkatnya, pihak bank memiliki beberapa kriteria dan syarat tertentu dalam hal manajemen risiko terkait pinjaman yang diberikan kepada debitur sesuai kemampuannya.
 
Jadi, sebisa mungkin ajukan pinjaman dana sesuai dengan kemampuanmu untuk membayarnya.
 
Selanjutnya, cara agar pinjaman dana bisa disetujui bank adalah dengan menentukan tenor pinjaman.
 
Tenor merupakan jangka waktu pinjaman yang ditetapkan sesuai kesepakatan debitur dan kreditur, dan dalam jangka waktu tersebut kamu harus membayar angsuran pinjaman setiap bulan.
 
Semakin lama tenor pinjaman yang dipilih, semakin ringan cicilan yang dibayarkan setiap bulannya.
 
Namun, risikonya, bunga yang ditanggung akan lebih besar. Sebaliknya, semakin singkat tenor pinjamannya, beban bunga yang dibayarkan menjadi lebih sedikit.
 
Untuk menentukan tenor pinjaman, sebaiknya kamu memperhitungkan terlebih dahulu jumlah maksimal uang yang dapat kamu sisihkan setiap bulannya.
 
Buat perencanaannya dengan cermat sehingga kamu dapat menentukan tenor pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu membayar.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x